LIPI: Pembangunan Kebun Raya Pesat Sejak Didukung Megawati

 
 

Megawati sendiri hadir dalam peringatan 200 tahun Kebun Raya Bogor ini. Ada pula Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menkominfo Rudiantara, dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Iskandar menuturkan saat ini sudah ada 32 kebun raya yang tersebar di seluruh Indonesia. Kebun raya tersebut ada yang dikelola oleh LIPI, pemerintah daerah, dan universitas.

“Lima kebun raya dikelola LIPI, 26 kebun raya dikelola pemda, dan satu kebun raya dikelola universitas,” ujarnya.

Iskandar mengungkapkan, pada tahun 2017 akan ada penambahan tiga kebun raya. Kebun raya tersebut saat ini masih dalam tahap pembuatan master plan.

“Nanti di kampus Institut Teknologi Sumatera, Kabupaten Tabalong di Kalimantan Selatan, dan Kabupaten Belitung Timur,” ungkapnya.

Menurut Iskandar, sampai saat ini jumlah kebun raya di Indonesia masih belum cukup. Karena itu, LIPI akan terus menambah jumlah kebun raya di Indonesia paling tidak sampai ada di seluruh provinsi.

“Mengacu pada peta eco-region di Indonesia, kita harus punya 47 kebun raya,” ujarnya.

Menurut Iskandar, hal tersebut dilakukan agar nantinya fungsi kebun raya semakin lengkap. Selain untuk konservasi lingkungan, juga buat meningkatkan pengetahuan masyarakat.

“Peringatan 2 abad adalah istimewa untuk Kebun Raya Bogor dalam melakukan konservasi tumbuhan langka, meningkatkan pengetahuan masyarakat serta berpotensi ekonomi, dan mensinergikan kebun raya kepada pemerintah, perguruan tinggi, dan industri,” tuturnya.


Sumber : detik.com. 18 mei 2017

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain
Diakses : 58    Dibagikan :