Cara Daftar Lowongan CPNS LIPI bagi Lulusan S1 sampai S3

 
 
LIPI membuka lowongan CPNS yang pendaftarannya terbuka bagi lulusan S1 sampai S3 mulai 11 September mendatang di laman https://sscn.bkn.go.id. Lowongan CPNS di LIPI menjaring sebanyak 175 formasi baik bagi lulusan S1, S2, maupun S3.
tirto.id - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) kembali membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) periode kedua setelah di Kemenkumham dan Mahkamah Agung. Diumumkan sejak Selasa (5/9/2017), lowongan CPNS kali ini dibuka serentak di 60 kementerian/lembaga dan 1 Pemprov Kalimantan Utara. 

Salah satu instansi yang membuka lowongan CPNS adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Menjaring sebanyak 175 formasi CPNS, lowongan ini terbuka baik bagi lulusan S1, S2, maupun S3. Adapun jabatan yang tersedia dalam lowongan CPNS di LIPI ini mulai dari Assesor Sumber Daya Manusia Pertama, Peneliti Ahli Muda, hingga Peneliti Ahli Pertama. 

Sementara itu, pelamar S1, S2, dan S3 yang dicari merupakan Sarjana Psikologi, llmu Psikologi, Antropologi, Biokimia, Biologi, Agronomi, Kimia, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Lingkungan, Manajemen, llmu Manajemen, Kehutanan, Ilmu Kehutanan, Geografi dan llmu Lingkungan, llmu Ekonomi, Kedokteran Hewan, Kesehatan Masyarakat, Sosiologi, Teknik Metalurgi dan Material, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Fisika, Perikanan, Teknologi Pangan llmu dan Teknologi Pangan, llmu dan Teknologi Kelautan, serta Peternakan. Formasi selengkapnya dapat dilihat di tautan berikut ini. 

Lowongan CPNS di LIPI juga membuka formasi khusus untuk lulusan cumlaude, penyandang disabilitas, dan putra/putri Papua dan Papua Barat. Syaratny, bagi lulusan cumlaude harus merupakan lulusan dari PTN/PTS yang terakreditasi A atau Unggul. Hal ini juga berlaku bagi penyandang disabilitas ditambah dengan IPK minimal 3,00. 

Sementara itu, bagi pelamar lewat formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat harus dapat menunjukkan ijazah SD hingga SMA yang sudah dilegalisir. Selain itu, juga menyertakan Surat Akta Kelahiran pelamar, fotocopy KTP bapak (ayah kandung), atau surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/desa. 

Adapun cara pendaftaran bagi pelamar yang berminat harus melakukan pendaftaran online via https://sscn.bkn.go.id. Dokumen yang harus diunggah untuk daftar online berupa: surat lamaran ditujukan kepada Kepala LIPI di Jakarta, diketik, bermaterai Rp6000,- dan ditandatangani pena bertinta hitam; KTP asli; ijazah dan transkrip nilai asli sesuai dengan kualifikasi pendidikan pada jabatan yang dilamar; Surat Pernyataan (diunduh dari link SSCN di atas), dan pas foto berlatar belakang merah berukuran 3X4.

Setelah melakukan registrasi online melalui laman https://sscn.bkn.go.id, pelamar melakukan registrasi dan pengisian data lamaran pada laman https://cpns.lipi.go.id, dengan mengisi seluruh form yang telah disediakan, dan menggunakan data yang valid sesuai dengan dokumen persyaratan.

Dokumen yang diunggah dalam laman https://cpns.lipi.go.id terdiri dari: salinan tugas akhir pelamar yang meliputi halaman judul, abstrak ,dan kesimpulan. Sementara itu, khusus bagi pelamar formasi Putra Putri Papua dan Papua Barat wajib mengunggah ljazah asli dari SD sampai SMA di wilayah Papua dan Papua Barat, atau Surat Akta Kelahiran pelamar, atau fotocopy KTP bapak (ayah kandung), atau surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/desa.

Pelamar yang dinyatakan lulus Seleksi Administrasi dan dipanggil untuk mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dapat melakukan pencetakan Kartu Peserta Seleksi CPNS LIPI 2017 melalui laman https://cpns.lipi.go.id. 

Sebelum melaksanakan ujian, pelamar diwajibkan hadir (dan tidak dapat diwakilkan) untuk melakukan registrasi ulang, pengaturan jadwal dan lokasi Ujian SKD, dengan membawa dokumen fisik asli persyaratan berupa KTP asli, ijazah dan transkrip nilai asli, dan Kartu Peserta Seleksi Penerimaan CPNS LIPI Tahun 2017 yang dicetak sebelumnya.

 

Sumber : tirto.id, 8 September 2017

Sivitas Terkait : Dr. Heru Santoso M. App. Sc.
Diakses : 2183    Dibagikan :