Curhat LIPI Soal Bunga Bangkai Kebun Raya Cibodas Ditimpuk Batu

 
 

Cianjur - Kebun Raya Cibodas sedang bersedih karena bunga bangkai mereka dirusak turis yang tidak bertanggung jawab. Pariwisata tahun 2016 pun tercoreng lagi dengan vandalisme.

Kesedihan yang dialami Kebun Raya Cibodas tampak dalam postingan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Facebook. LIPI adalah pengelola kebun raya di Cipanas, Cianjur itu.

"Tongkol atau spadix bunga bangkai (Amorphophallus titanum) yang sedang mekar di Kebun Raya Cibodas-Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Cianjur, Jawa Barat, patah pada Rabu (27/1) setelah sejumlah oknum melempar batu ke bunga itu, pekan lalu," kata LIPI.

Menurut mereka, akibat pelemparan itu pemekaran bunga terganggu. Buktinya antara lain ditunjukkan tak ada serbuk sari masak.

"Padahal, bunga itu mekar pertama kali Selasa (26/1), setelah 16 tahun dipelihara dari bentuk biji," kata LIPI.

LIPI berharap pengunjung lebih bertanggung jawab. "Semoga menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih menghargai tanaman," tutup mereka.

Ditahun 2015, sejumlah vandalisme di objek wisata menjadi perhatian traveler. Rusaknya kebun bunga di Gunungkidul disesalkan banyak pihak.

Banyak harapan agar hal itu tidak terjadi lagi tahun 2016. Namun rupanya, jauh panggang daripada api.


Sumber : Detik.com, 1 Februari 2016

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati