Kepala LIPI Berpulang

 
 
KEPALA Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain meninggal dunia sekitar pukul 16.00 WIB di Rumah Sakit MMC, Jakarta, Minggu (2/7) setelah menjalani perawatan akibat penyakit kanker pada ginjalnya.

Pria kelahiran Pesaman, Sumatra Barat, 14 April 1959 dikabarkan telah menderita penyakit kanker pada ginjalnya sejak September 2016 dan menjalani perawatan rutin di rumah sakit. Namun sayang, kanker yang dideritanya sudah terlanjur menyebar.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Laksamana Tri Handoko saat dikonfirmasi membenarkan adanya berita meninggalnya Kepala LIPI itu. Dia juga mengungkapkan bahwa dalam perawatan saat sakit, almarhum belum sempat menjalani cuci darah karena kanker ginjal yang dideritanya terlanjur menyebar.

Menurut Handoko saat ini pihak keluarga berencana jenazah akan dimandikan di RS MMC. "Selanjutnya pada hari ini juga akan disemayamkan di Masjid baitul Hukmah LIPI di jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat," ujarnya.

Berikutnya, pada Senin (3/7) pagi jenazah akan dibawa ke Pesaman Sumatra Barat dan akan dimakamkan di sana. "Semoga almarhum khusnul khotimah," kata Handoko.

Dalam karir terakhirnya, Iskandar sejak 17 Oktober 2014, diangkat menjadi Kepala LIPI. Iskandar meraih pendidikan Strata 1 pada Fakultas Geologi, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1985 dan menyelesaikan Ph.D program dengan gelar Doktor reralium naturalium (Dr. Rer.nat) dari the Johannes Gutenberg Universitaet, Jerman.

Iskandar bergabung menjadi peneliti di LIPI sejak 1985 dan melakukan penelitian tentang geokimia batuan lebih dari 20 tahun. Gelar professor riset di bidang geologi dan geofisika telah diraihnya pada 21 Agustus 2013.

Sebelumnya, Iskandar menjabat Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi tahun 2006-2011 dan diamanahkan menjadi Deputi Bidang Ilmu Kebumian LIPI tahun 2011-2014. Banyak perubahan yang dilakukan di LIPI pada saat Iskandar menjabat Kepala LIPI, terutama dalam meningkatkan kualitas SDM bidang riset.

Hal itu juga dia tegaskan saat diangkat sebagai Kepala LIPI bahwa sebagai Kepala LIPI dia akan terus mendorong riset yang berguna bagi kemaslahatan masyarakat dan bangsa, baik dalam ranah dalam negeri maupun luar negeri.(OL-3)

Sumber : mediaindonesia.com, 2 Juli 2017

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.