LIPI Gelar Dua Kompetisi Ilmiah Bagi Anak Muda

 
 

JAKARTA (Pos Kota)- Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menggelar dua kompetisi ilmiah sekaligus yang diperuntukkan bagi generasi muda.

Dua kompetisi ilmiah tersebut adalah Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-48 dan National Young Inventor Award (NYIA) ke-9.

“Kita serius lakukan pembinaan generasi muda melalui kegiatan penelitian ilmiah,” kata Sekretaris Utama LIPI Siti Nuramaliati Prijono Senin (7/3).

Kedua kompetisi ilmiah tersebut merupakan sarana untuk menemukan peneliti muda yang berbakat sehingga kemudian bisa dikompetisikan dalam ajang yang lebih tinggi.

Misalnya Intel International Science and Engineering Fair (IISEF) di AS, kunjungan sains ke Edinburgh International Science Festival di Inggris, International Exibition for Young Inventors (IEYI) di Hongkong dan Asean Student Science Project Competition di Thailand.

Menurutnya Indonesia masih memiliki kelangkaan pada kapasitas SDM yang mumpuni untuk berakselerasi mengembangkan iptek. Dan kompetisi ilmiah ini menjadi solusi untuk menemukan inventor muda guna memenuhi kelangkaan kapasitas SDM tersebut.

Ada pun kategori dua kompetisi ilmiah tersebut meliputi bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH), Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), Ilmu Pengetahuan Teknik dan Informatika (IPT) serta Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Maritim (IPK).

Naik 30 Persen

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Laksana Tri Handoko mengatakan pada 2015 pihaknya menerima 2.041 proposal dan 600 usulan karya inovasi remaja atau naik sekitar 30 persen dibanding tahun sebelumnya. Dan tahun ini ditargetkan paling tidak 2000 proposal LKIR dan 800 usulan karya design dan prototype.

“Melihat tren positif dalam perkembangan minat penelitian di kalangan remaja, kami optimis target tersebut bisa terlampaui,” katanya.

Bagi pelajar yang berminat mengikuti kedua kompetisi tersebut bisa mendaftarkan diri melalui websiet www.infokompetisi.lipi.go.id secara online paling lambat 1 April 2016 untuk LKIR dan 11 Juli 2016 untuk NYIA. (Inung/win)


Sumber : Poskotanews.com, 7 Maret 2016

Diakses : 1788    Dibagikan :