LIPI Gelar Lomba Karya Ilmiah Remaja Ke-48

 
 

Bisnis.com, JAKARTA—Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-48 dan National Young Inventor Award (NYIA) ke-9 tahun 2016.

Sekretaris Utama LIPI, Siti Nuramaliati Prijono menyatakan sejak didirikan pada 1967, LIPI telah menempatkan pentingnya peningkatan kapasitas masyarakat terutama pemuda dalam pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan kompetisi ilmiah seperti LKIR dan NYIA ini, dengan harapan mereka bisa berpikir kritis dan tumbuh menjadi peneliti yang handal serta mampu menjadi motor pembangunan bangsa," katanya dalam konferensi pers "Kick Off Kompetisi Ilmiah LIPI Tahun 2016" di kantor LIPI, Jakarta, Senin.

Kedua kompetisi ilmiah tersebut, kata Siti, merupakan sarana untuk menemukan penemu muda yang berbakat sehingga kemudian dapat dikompetisikan dalam ajang yang lebih tinggi lagi.

"Seperti Intel International Science and Engineering Fair (IISEF) di Amerika Serikat yang didukung penuh oleh Intel Indonesia dan Edinburgh International Science Festival di Inggris didukung oleh British Council untuk pemenang LKIR, serta International Exibition for Young Inventors (IEYI) di Hongkong dan ASEAN Student Science Project Competition di Thailand bagi pemenang NYIA," katanya.

Menurutnya, Indonesia masih memiliki kelangkaan pada kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni untuk berakselerasi mengembangkan iptek.


Sumber : Bisnis.com, 7 Maret 2016

Diakses : 2139    Dibagikan :