LIPI Gelar Pelatihan Jurnalistik Untuk HMI Ambon

 
 
Ambon, 3/2 (Antara Maluku) - Pusat Penelitian Laut Dalam Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPLD-LIPI) bekerja sama dengan Majalah Laras dan LSM Archipelago Solidarity, menggelar pelatihan dasar-dasar jurnalistik kepada aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ambon, Jumat.

Pelatihan yang digelar untuk memeriahkan peringatan HUT ke-50 LIPI tersebut dijadwalkan berlangsung selama dua hari di kantor PPLD-LIPI.

Sedikitnya 60-an aktivis HMI Cabang Ambon turut serta dalam kegiatan yang menghadirkan Daniel Tegukawi, pemimpin redaksi majalah Laras sebagai pengajar.

Kepala PPLD-LIPI Augy Syahailatua mengatakan untuk membuat sebuah tulisan, ada beberapa kaidah penting yang harus diperhatikan oleh penulis agar hasilnya lebih berkualitas dan tertata rapi.

Karena itu, tak hanya insan pers, generasi muda, khususnya para aktivis yang gemar membuat tulisan opini atau kolom untuk dipublikasikan di media massa, juga harus mengetahui teknik dasar dan cara menulis yang baik dan benar.

"Ini adalah permintaan dari teman-teman HMI agar kami mengadakan kegiatan yang melibatkan mereka, maka kami menggelar pelatihan jurnalistik. Ini akan sangat berguna, terutama bagi yang gemar membuat tulisan ataupun karya tulis," katanya.

Dikatakannya lagi, sejalan dengan tema HUT LIPI ke-50 tahun, yakni "Kiprah LIPI untuk Bangsa", pihaknya akan menggelar beragam kegiatan sosial, ilmiah dan kemasyarakatan yang bertujuan untuk mencerdaskan generasi, baik dalam bentuk pelatihan, dialog, diskusi dan praktik langsung di lapangan.

Dalam satu bulan ke depan, PPLD-LIPI bersama dengan para aktivis lingkungan di Ambon berencana melakukan kegiatan pembersihan kawasan mangrove, sekaligus penanaman pohon pelindung tersebut di sekitar pantai Desa Kate-Kate, Kecamatan Teluk Ambon.

"Ini adalah salah satu bentuk dari dukungan dan upaya LIPI untuk mencerdaskan bangsa," katanya. 

Pelatihan Jurnalistik Dasar merupakan bagian dari rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-50 tahun LIPI yang akan berlangsung hingga Oktober 2017.

Sebelumnya PPLD-LIPI telah menggelar nonton bersama film mengenai pemanasan global dan perubahan iklim, dan diskusi adaptasi lingkungan dengan komunitas Ambon Bebas Sampah 2020 dan Green Moluccas.

Pencanangan HUT LIPI yang ke-50 tahun sendiri telah dilangsungkan pada 27 Januari 2017. Untuk peringatan puncaknya di Jakarta, PPLD-LIPI akan menggelar Simposium Ekologi Laut Banda dan "talk show" Eksplorasi Sumber Daya Laut Dalam di Indonesian Science Expo, pada 23 - 26 Oktober 2017. 

Sumber : antaramaluku.com, 3 Februari 2017

Sivitas Terkait : Dr. Ir. Augy Syahailatua M.Sc.
Diakses : 1542    Dibagikan :