LIPI Kembali Gelar Lomba Karya Ilmiah Remaja 2016

 
 
KBRN, Jakarta : Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menggelar Lomba Karya Ilmiah Remaja (LIKR) dan National Young Inventor Award (NYIA) 2016.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Dr. Laksana Tri Handoko menjelaskan LKIR yang ke-48  dan NYIA yang ke-9 diselenggarakan bekerja sama dengan Britistish Council melalui program Newton Fund, serta Intel Indonesia. Melalui kompetisi ilmiah ini LIPI melakukan pembinaan generasi muda sebagai salah satu upaya meningkatkan daya saing Indoensia di masa depan dan mendorong peercepatan inovasi.

"Kedua kompetisi ilmiah itu merupakan sarana untuk mencari peneliti muda yang berbakat sehingga kemudian dapat dikompetisikan dalam ajang yang lebih tinggi seperti Intel International Science and Enginering Fair (IISEF) di Amerika Serikat yang didukung penuh Intel Indonesia dan kunjungan sains ke Edinburgh International Science Festival di Inggris yang didukung oleh British council untuk pemenang LKIR," kata Handoko di Jakarta, Senin (7/3/2016).

Dijelaskan ada 4 kategori karya ilmiah dalam LKIR yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusian, Ilmu Pengetahuan Hayati, Ilmu Pengetahuan Teknik dan Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Kelautan. Proposal yang didaftarkan nantinya akan melewati proses seleksi, pembinaan oleh peneliti LIPI, exhibition dan penjurian, dan pemilihan karya terbaik.

LKIR adalah kompetisi ilmiah bagi siswa SMP dan SMA sederajat dengan batas usia maksimal duduk pada kelas 12 saat final LKIR berlangsung.

Pendaftaran keikutsertaan dalam ajang kompetisi ilmiah LIPI ini melalui website www.infokompetisi.lipi.go.id secara online, untuk LKIR paling lambat tanggal 1 April 2016, dan NYIA tanggal 1 Juli 2016.(AA/DS)

Sumber : RRI.co.id, 7 Maret 2016

Diakses : 3132    Dibagikan :