LIPI Kembali Gelar Lomba Karya Ilmiah

 
 

JAKARTA (SK) – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali menggelar Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) dan National Young Inventor Award (NYIA). Kegiatan tersebut diharapkan menumbuhkan semangat meneliti di kalangan muda Indonesia.

“Ada trend positif dari pelaksanaan LKIR dan NYIA di kalangan muda. Dibanding tahun lalu, terjadi peningkatan peserta sekitar 30 persen,” kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Laksana Tri Handoko dalam acara “Kick Off Indonesia Youth Science Competition (IYSC) 2016, di Jakarta, Selasa (8/3).

Hadir dalam kesempatan itu, Sekretaris Utama LIPI, Siti Nuramaliati Prijono.

Handoko menjelaskan, tahun ini ada sekitar 2.041 proposal penelitian yang tengah diseleksi, dibanding tahun 2015 lalu yang berjumlah hanya sekitar 1.700 proposal. Selain itu, masih ada sekitar 600 usulan inovasi remaja.

“Tren proposal yang masuk berbeda-beda setiap tahunnya. Tetapi, kelompok IPA selalu mendominasi dari tahun ke tahun. Kebanyakan masalah lingkungan,” ujarnya.

Rangkaian kompetisi ilmiah LIPI ini diselenggarakan pada 22-26 Agustus 2016 mendatang.

Ia menjelaskan hasil penelitian para peneliti muda nantinya akan dibagi ke dalam beberapa kategori antara lain bidang Ilmu Pengetahuan Hayati (IPH), Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan (IPSK), Ilmu Pengetahuan Teknik dan Informatika (IPT) serta Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Maritim (IPK).

Sebagai ketua dewan juri kompetisi ilmiah LIPI, Handoko mengungkapkan, kualitas kontestan selalu meningkat. Hal itu membuat penilaian menjadi sulit, karena anak-anak semakin pintar dalam menciptakan ide dan penemuan.

“Tetapi penilaian kami ada pada keunikan ide penelitiannya. Lalu dilihat manfaatnya bagi masyarakat. Karena belum tentu penelitian yang paling rumit yang menang,” tutur Handoko yang juga peraih juara LKIR tahun 1985 tersebut. (tri)

Sumber : Suara Karya, 9 Maret 2016

Diakses : 2163    Dibagikan :