LIPI Kirim Peneliti Muda ke Kompetisi Ilmiah Tingkat ASEAN

 
 

KBRN, Jakarta : Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengirimkan lima peneliti muda Indonesia dengan tiga karya invensi ke kompetisi ilmiah internasional tingkat ASEAN bertajuk ASEAN Student Science Project (ASPC) Thailand 2016.

ASPC merupakan ajang kompetisi ilmiah yang diselenggarakan oleh National Science Museum Thailand dan merupakan agenda tahunan Thailand bagi peneliti muda dari negara-negara ASEAN. Tahun ini ASPC diselenggarakan pada 24 – 30 Juli 2016 bertempat di National Science Museum Thailand, Klong 5, Thailand, 25 Juli 2016.

Lima orang pelajar dengan tiga proyek karya invensi ini merupakan para pemenang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Tahun 2015. Sebelumnya, mereka adalah para finalis yang berhasil terpilih sebagai pemenang melalui tahapan seleksi lebih dari 2.400 karya invensi yang berpartisipasi di ajang LKIR 2015.

Para pelajar tersebut adalah Lailatul Fatkhiyah dan Noor Laila Safitri dari MAN 2 Kudus, Jawa Tengah dengan karya berjudul The Effect of Classical Music Sound Waves to Promote the Growth of Broccoli (Brassica oleracea Var. Italica). Kemudian, Gia Rahmanisa dari SMA Negeri Sumatera Selatan dengan invensi berjudul The Manufacture of Economical Membrane from Cellulose Acetate Material Made from Cassava Skin for Desalination. Dan, Fa'iq Amanullah Utomo dan Zufar Maulana Ihsan dari SMA Negeri 2 Semarang dengan karya Design of Bioadsorbent from Rice Husk Ash Residue for Waste Water Treatment Applicationi.

Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain berharap para pelajar yang dikirim ke kompetisi ilmiah tingkat ASEAN itu mampu menunjukkan kemampuan maksimal dengan karyanya. “Kami berharap mereka mampu membawa nama harum Indonesia dengan menjadi pemenang, namun yang terpenting dari keikutsertaan ini adalah menjadi pengalaman berharga, menumbuhkan rasa percaya diri sekaligus membangun jejaring para pelajar Indonesia dilingkup global,” tandasnya dalam press rilis yang diterima RRI, Selasa (26/7/2016).

Delegasi Indonesia yang berangkat ke ASPC Thailand sebanyak 11 orang. Selain para pelajar yang berkompetisi, delegasi yang turut serta adalah sejumlah guru, staf dan peneliti LIPI. Keikutsertaan delegasi Indonesia sendiri berdasarkan undangan dari panitia The 2 nd ASPC Thailand. Sedangkan, negara peserta ASPC sebanyak tujuh negara, yakni Indonesia, Laos, Malaysia, Philipina, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Kepala Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI, Nur Tri Aries Suestiningtyas mengharapkan agar para pelajar yang berkompetisi ke Thailand mampu memberikan hasil terbaik. Selain itu, dia berharap juga agar mereka menggali pengalaman sebanyak mungkin dengan bergaul dengan para pelajar dari negara-negara ASEAN.

“Dengan begitu, wawasan mereka akan bertambah luas dan mampu bertukar ide untuk mengembangkan hasil-hasil invensi mereka,” pungkasnya. (LIPI/DS)


Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.
Diakses : 1281    Dibagikan :