LIPI TEMUKAN 2 JENIS JAHE-JAHEAN

 
 
LEMBAGA Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan dua jenis baru dari suku Zingiberaceae atau lebih dikenal suku jahe-jahean.

Jenis baru itu diberi nama Alpinia pusilla Ardi & Ardiyani serta Alpinia macrocrista Ardiyani & Ardi. Penemuan itu merupakan hasil kolaborasi penelitian staf PKT Kebun Raya LIPI Wisnu H Ardi dan staf Pusat Penelitian Biologi LIPI Marlina Ardiyani. Para peneliti melakukan proses identifikasi sejak 2013, hingga akhirnya kedua jenis tumbuhan itu dinyatakan sebagai jenis baru dari suku jahe-jahean.

Penemuan itu dipublikasikan dalam jurnal internasional Reinwardtia pada Desember 2015. Alpinia pusilla Ardi & Ardiyani merupakan koleksi Kebun Raya Bogor dari Sulawesi Utara dan Alpinia macrocrista Ardiyani & Ardi koleksi dari Sulawesi Tenggara.

Ciri-ciri dari Alpinia pusilla Ardi & Ardiyani yaitu perawakannya pendek hanya 30 cm dengan bunga relatif besar dan Alpinia macrocrista Ardiyani & Ardi dengan ciri jengger yang besar pada bagian kotak sarinya.

Tumbuhan suku Zingiberaceae merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan masyarakat untuk obat tradisional dan bumbu masakan. Tantangan ke depan bagi para peneliti yaitu menemukan manfaat serta kegunaannya bagi masyarakat.

Sumber : Media Indonesia, edisi 12 Maret 2016. Hal: 10