Laksanakan RB Melalui Sistem Manajemen Mutu ISO 9001

 
 
(Serpong, 17 April 2012-Kedeputian Jasa Ilmiah LIPI). Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) di lingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tengah berjalan saat ini. RB tersebut salah satunya dilakukan dengan melaksanakan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, demikian dikemukakan oleh Deputi Jasil LIPI, Dr. Ir. Fatimah Z.S. Padmadinata dalam acara Workshop Implementasi Sistem Manajemen Mutu Berbasis ISO 9001, Selasa (17/4), di Hotel Santika BSD Tangerang Selatan.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP-LIPI), Ir. Puji Winarni, M.A. menambahkan, bukti-bukti kongkrit atas pencapaian sertifikat ISO 9001 telah berhasil diperoleh P2 SMTP pada tahun 2010. Hal itu diperkuat dalam paparan mengenai sinergisitas implementasi sistem mutu ISO 9001 dan reformasi birokrasi oleh M.Tomtom Makmur SAP yang juga dari P2 SMTP.

Ia menunjukkan korelasi antara aturan-aturan tentang RB dengan klausul-klausul di ISO 9001, bahwa terdapat 8 area RB yang tercakup dalam ISO 9001. Sedangkan, Sik Sumaedi dari P2 SMTP dalam presentasinya mewanti-wanti bahwa sertifikasi ISO 9001 pada sebuah organisasi, termasuk institusi pemerintah, tidak lantas menunjukkan peningkatan kinerja. Hal tersebut karena ada kemungkinan terjadi "ritual certification " yaitu mendapatkan sertifikasi ISO 9001 hanya sekedar mendapatkannya semata, tanpa ada peningkatan maturitas (kematangan) organisasi.

Acara workshop diikuti oleh para pejabat struktural di Kedeputian Jasil dan Ketua PME dari kedeputian lainnya. Workshop diisi dengan sejumlah presentasi, di antaranya hasil kajian kepuasan pelanggan oleh IGM Yuda Bakti, SE; 10 langkah penerapan ISO 9001 di LIPI oleh Ade Khaerudin Taufik S.Pd.

Sesi terakhir diisi dengan presentasi perkembangan Reformasi Birokrasi oleh Kepala Biro Organisasi Kepegawaian (BOK) LIPI, Dr. Ir. Diaz Santika. Ia menuturkan bahwa ada keterlambatan informasi perkembangan RB dari LIPI Jakarta dengan LIPI di luar Jakarta. Dia berusaha akan memperbaiki aliran informasi ke seluruh satuan kerja di lingkungan LIPI dan berharap RB benar-benar mencapai target yaitu remunerasi. (afs-edit oleh Humas BKPI LIPI)
Sumber : Kedeputian Jasa Ilmiah LIPI

Sivitas Terkait : Fatimah Zulfah S. Padmadinata

Diakses : 1958    Dibagikan : 0