PIRN 2016 Dimulai, Dari Bengkulu Untuk Indonesia

 
 

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-15 tahun 2016 yang digelar di Hotel Vista oleh Badan Penelitian Pengembangan dan Statistik Daerah (BPPSTADA) Provinsi Bengkulu resmi dibuka oleh Gubernur Bengkulu Dr H Ridwan Mukti MH, kemarin (26/7).

PIRN merupakan kegiatan ilmiah dengan praktik di lapangan tebuka yang berorientasi pada penelitian yang mencakup bidang ilmu IPS, IPA dan IPT (Ilmu Pengetahuan Teknik rekayasa) ini peserta dari dari 31 provinsi di Indonesia, dengan jumlah peserta 450 orang yang terdiri dari 100 guru, 300 siswa, dan 50 instruktur penguji dari LIPI.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Bengkulu mengucapkan selamat berkarya dan melaksanakan tugas dengan sebaik baiknya, yang paling penting mempererat silahturahmi jaringan,” kata Gubernur dalam sambutannya.

Selain itu, Gubernur juga meminta Kepala BPPSTADA Drs H Iriansyah dan Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain untuk merumuskan bahwa ada hadiah kusus bagi peserta Piren tersebut.
Pemberian hadiah berdasarkan yang memenuhi syarat dan kualifikasi di pertengahan tahun 2017 berdasarkan pemantauan. Hadiah itu berupa jalan-jalan ke luar negeri bagi 3 guru terbaik, 3 peserta yang juara, 3 peserta juara harapan.

“Saya minta nanti Kepala BPP-STADA memantau dari 350 karya ilmiah, karya  Piren dari Bengkulu untuk Indonesia menentukan 9 orang nominasi dan 9 orang dari nomasi itu akan dipantau terus sampai saat pertengahan tahun 2017 sebelum penempatan pemberangkatan untuk mengunjungi Eropa,” ujarnya.

Tak hanya itu, Gubernur juga memberikan hadia tambahan untuk 6 peserta yang membuat karya ilmiah dari Bengkulu untuk Indonesia setelah penutupan PIRN ke-15.

Sementara itu, Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain menerangkan, melalui Piren ini,  pihaknya mencoba merealisasikan tanggung jawabnya ikut mencerdaskan masyarakat Indonesia terutama generasi muda.

“Jadi, selama kurang satu minggu seluruh peserta piren akan menggikuti pembelajaran  dan melatih diri untuk mencoba memahami bagaimana kita melakukan penelitian yang baik, baik di lapangan maupun di dalam ruangan.

“Pengalaman selama satu minggu kedepan di PIRN akan menjadi bekal kalian dimasa akan datang sebagai orang orang yang akan membangun bangsa ini,” tutupnya. (cik2)


Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.
Diakses : 961    Dibagikan :