Peneliti Muda Indonesia Siap Unjuk Gigi di AS

 
 

JAKARTA - Meski masih berusia belasan tahun, para peneliti muda ini sudah bisa mengharumkan nama Indonesia dengan keiikutsertaannya dalam kompetisi internasional. Mereka akan bertolak ke Amerika Serikat pada ajang Intel International Sciences and Enginering Fair (Intel ISEF) 2016.

Ajang bergengsi ini diikuti oleh 1.700 siswa dari 70 negara di seluruh dunia. Tahun ini, kompetisi tersebut akan diselenggarakan di Phoenix Conversation Center, Arizona, Amerika Serikat.

Para peserta adalah kandidat terbaik yang telah dipilih melalui seleksi ketat yang telah dilakukan sebelumnya. Mereka diseleksi dari 2.000-an proposal yang masuk.

Ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Iskandar Zulkarnain menuturkan, keikutsertaan pelajar dalam kompetisi ini akan menjadi pengalaman yang bermanfaat di masa depan.

"Jadi pencapaian ini harus menjadi cara untuk meningkatkan rasa percaya diri, bahwa kita mampu berkompetisi. Selain itu, kegiatan ini akan menjadi pengalaman luar biasa, akan menjadi titik penting dalam kehidupan kalian selanjutnya," ujar Iskandar di LIPI, Jakarta, Selasa (3/5/2016).

Intel ISEF 2016 akan diselenggarakan pada 8 sampai 15 Mei 2016. Menjelang keberangkatan para peserta, Iskandar pun memberikan nasihat kepada peserta.

"Karena kita akan pergi ke negara yang jauh, jadi tanamkanlah rasa peduli. Di sana nanti kalau ada teman yang membutuhkan bantuan, jangan acuh. Tunjukkan kepedulian kalian, dengan begiu keberadaan kita menjadi penting," paparnya.

Iskandar juga mengingatkan agar peserta jangan takut untuk bersaing, apalagi kalah. Peserta harus berupaya melakukan yang terbaik supaya apa yang diberikan adalah yang terbaik.

"Kita mau dicap sebagai pemenang atau tidak, kita sudah menang. Jaga juga kesehatan," tambahnya.

(rfa)

Sumber : Okezone.com, 3 Mei 2016

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.
Diakses : 345    Dibagikan :