Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB): Sebagai Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

 
 
(Bogor Inspektorat LIPI). Sekretaris Utama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Ir. Akmadi Abbas, M.Eng.Sc telah melakukan submit nilai Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB), Jumat (18/7) lalu bertempat di Hotel Grand Orri, Citeureup, Kabupaten Bogor.

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama LIPI menyatakan nilai PMPRB tahun ini mengalami kenaikan, nilai yang diperoleh PMPRB hampir sama dengan nilai hasil evaluasi LAKIP LIPI yang penilaiannya dilakukan bersamaan oleh KemenPANRB.

Penerapan PMPRB secara online ini sejalan dengan Sembilan Program Percepatan Reformasi Birokrasi, khususnya program pengembangan sistem elektronik pemerintah (e-Government) dan program peningkatan transparansi dan akuntabilitas aparatur.

PMPRB tahun 2014 berpedoman pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPANRB) Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah. Kegiatan PMPRB tahun 2014 ini adalah tahun kedua pelaksanaan penilaian evaluasi reformasi birokrasi di setiap kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Nilai PMPRB yang diperoleh LIPI tahun ini sebesar 78,39. Nilai tersebut meningkat dibandingkan dengan hasil penilaian PMPRB tahun sebelumnya yang memperoleh nilai 75,10. Kenaikan nilai PMPRB ini menggambarkan peningkatan capaian pelaksanaan reformasi birokrasi di LIPI.

Hal yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi selanjutnya adalah mengenai dilakukannya promosi jabatan terbuka secara nasional untuk mengisi jabatan struktural dan assessment kepada seluruh pegawai yang belum dilaksanakan oleh LIPI, sehingga hal tersebut mempengaruhi penilaian PMPRB tahun 2014 ini. Kedepan, hal tersebut menjadi fokus perbaikan bagi LIPI dalam pelaksanaan reformasi birokrasi, tutup Kepala Inspektorat LIPI Dr. Pontas Sinaga, MM dalam pengarahannya. (bep)
Sumber : Inspektorat LIPI

Sivitas Terkait : Bryan Ery Pradipta

Diakses : 1050    Dibagikan : 0