Semoga Gia Dapat Mengharumkan Nama Bangsa di Thailand

 
 

SRIPOKU.COM, PALEMBANG -- Salah satu siswi SMAN Sumatera Selatan, Gia Rahmanisa terpilih untuk mewakili Indonesia pada kompetisi tingkat internasional ASEAN Student Project Competition (ASPC) Thailand 2016.

Kesempatan ini diperoleh, karena Gia berhasil meraih juara harapan 1 pada ajang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-47 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 24 – 28 Agustus 2015 di Jakarta.

Plt. Kepala SMAN Sumatera Selatan, Nanang Adi Prayitno, Selasa (26/7) mengatakan, ASPC merupakan ajang kompetisi ilmiah yang diselenggarakan oleh National Science Museum Thailand dan merupakan agenda tahunan Thailand bagi peneliti muda dari negara – negara ASEAN.

Tahun ini ASPC diselenggarakan pada tanggal 25 Juli 2016 – 29 Juli 2016 bertempat di National Science Museum Thailand, Klong 5, Pathum Thani. Peserta ASPC berasal dari 10 negara yang tergabung dalam ASEAN, dimana masing-masing negara mengirimkan 6 perwakilan.

"Minggu, 24 Juli 2016, Gia bersama tim peneliti muda binaan LIPI yang terdiri dari 4 siswa yang berasal dari sekolah lain bertolak menuju Thailand. Mereka adalah: Lailatul Fatkhiyah dan Noor Laila Safitri dari MAN 2 Kudus, serta Fa'iq Amanullah Utomo dan Zufar Maulana Ihsan dari SMA Negeri 2 Semarang," ujarnya.

Pada ajang ASPC Thailand 2016 ini, Gia melanjutkan penelitian yang telah ia lombakan pada LKIR ke-47 sebelumnya yaitu tentang pemanfaatan kulit singkong untuk membuat membran selulosa asetat untuk proses desalinasi.

Judul karya tulis yang dia presentasikan adalah Desalinasi dengan Menggunakan Material Membran Selulosa Asetat Berbahan Baku Kulit Singkong (Manihot utilisima) sebagai Produk Petrokimia Derivatif (The Manufacture of Economical Membrane from Cellulose Acetate Material Made from Cassava Skin for Desalination).

Nanang menambahkan, SMAN Sumatera Selatan akan terus berusaha untuk mendukung dan memfasilitasi peserta didiknya yang ingin terus berkarya melalui penelitian. Salah satu usaha yang telah dilakukan adalah dengan membentuk Science Club (Karya Ilmiah Remaja), dimana para siswa mendapatkan bimbingan untuk membuat suatu karya ilmiah.

"Semoga keberangkatan Gia kali ini dapat mengharumkan nama Indonesia dan pulang ke tanah air dengan membawa kemenangan," tutupnya.


Sumber : Sriwijaya Post, 26 Juli 2016

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.
Diakses : 1804    Dibagikan :