Berbagai Lomba dari BPTBA LIPI

 
 
Bertepatan dengan ulang tahun emas LIPI yang ke 50, dan dalam rangka kegiatan Bulan Teknologi 2017. BPTBA LIPI menyelenggarakan berbagai lomba untuk tingkat SMA/SMK dan sederajatIkuti berbagai lombanya...

1. LOMBA DESAIN MOTIF BATIK

Batik merupakan produk budaya Indonesia yang sangat unik dan merupakan kekayaan budaya yang harus dilestarikan dan dibudidayakan. Masyarakat Indonesia sudah mengenal dan menggunakan batik sejak lama dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaannya secara luas oleh masyarakat antara lain untuk bahan pakaian, taplak meja, seprei, gorden, aksesoris, tas, dompet, dan lain sebagainya.

Salah satu cara untuk mewujudkan kelestarian batik adalah dengan memperkaya desain motif batik itu sendiri.  Dalam rangka Bulan Teknologi tahun 2017 dan ulang tahun LIPI yang ke-50 tahun, Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam bermaksud menyelenggarakan lomba desain motif batik bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi.



2. FESTIVAL FILM PENDEK Tingkat SMA/SMK NASIONAL

TeknoArt merupakan kolaborasi dari karya seni peran/audio visual dengan karya science teknologi untuk mendokumentasikan produk science teknologi agar menjadi lebih spektakuler, dengan tema umum: “Peran Penting Teknologi dalam Pertunjukan Seni”, yang merupakan bagian dari kegiatan Bulan Teknologi 2017 dengan tema Kiprah 50 tahun LIPI dengan Budayakan Teknologi untuk Mendukung Pemanfaatan Bahan Alam yang Berdaya Saing“. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan menggali potensi kreativitas pelajar SMA/SMK sederajad khususnya untuk menciptakan teknologi dalam medukung kegiatan yang berhubungan dengan seni, serta mensosialisasikan teknologi atau hasil temuan baru yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pertunjukan seni.




3. SUPER SCIENCE POSTER FESTIVAL

Super Science Poster Festival adalah media eksplorasi dan pemahaman siswa sekolah terhadap ilmu sains yang diwujudkan dalam bentuk perlombaan science art-poster tingkat DIY dan Jateng. Ajang ini diikuti oleh siswa/i SMA atau sederajat baik perorangan maupun tim. Lomba yang merupakan bagian dari kegiatan Bulan Teknologi 2017 dengan tema Kiprah 50 tahun LIPI dengan Budayakan Teknologi untuk Mendukung Pemanfaatan Bahan Alam yang Berdaya Saing ini, mengusung tema: (KoNTerKnowing Nature Through Poster. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan menggali daya kreativitas pelajar SMA serta mensosialisasikan ide dan atau hasil temuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan bangsa. Karya-karya yang diterima panitia akan dipamerkan selama kegiatan Bulan Teknologi 2017 di Kantor BPTBA LIPI. Tiga peserta dengan karya terbaik pilihan juri akan mendapatkan apresiasi berupa sertifikat, tropi dan uang pembinaan yang akan diumumkan dalam puncak acara bulan Teknologi 2017. Peserta terbaik pertama akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ajang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) tingkat Nasional di bawah bimbingan langsung oleh peneliti LIPI.








 
Sumber : http://bptba.lipi.go.id/

Sivitas Terkait : Hardi Julendra S.Pt.,M.Sc.
Diakses : 413    Dibagikan :