Komersialisasi: Strategi Membawa Invensi Dari Laboratorium Menuju Pasar

 
 
Penulis: Ferianto dan Syahrizal Maulana
Komersialisasi hasil penelitian khususnya di lembaga litbang menjadi suatu keniscayaan. Banyaknya invensi yang hanya berakhir pada publikasi dan prototipe semakin menguatkan lembaga litbang sebagai cost center. Salah satu upaya mengubah paradigma tersebut adalah dengan berupaya melakukan komersialisasi hasil litbang sehingga diharapkan mampu memberikan dampak ekonomi dan menghidupkan siklus penelitian itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi mengenai strategi membawa invensi dari laboratorium sampai menuju pasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka dan diskusi dengan analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dalam strategi komersialisasi, tahapan yang perlu dilakukan adalah membangun dan menetapkan bahwa riset yang akan dilakukan akan berorientasi pada kekayaan intelektual, melakukan survei paten, berupaya menciptakan invensi baru, berusaha mendapatkan perlindungan kekayaan intelektual, mencatat secara lengkap biaya invensi, melakukan riset bisnis sebelum komersialisasi, serta memutuskan model komersialisasi yang tepat.

Prosiding Seminar Nasional Technopreneurship Dan Alih Teknologi, Tahun 2016, Volume 1 Nomor 1, hal. 320-327

ISSN / ISBN / IBSN : ISSN : 2502-6607

No. Arsip : LIPI-16010