Status Padang Lamun Ver.02 2018

 
 
Penulis: Dra. Nurul Dhewani Mirah Sjafrie M.Si., Udhi Eko Hernawan S.Si. M.Sc., Bayu Prayudha S.Si. M.Sc., Marindah Yulia Iswari S.Si., Rahmat S.Kom., Kasih Anggraini A.Md., Susi Rahmawati S.Si.,Ir. Suyarso ,Drs. Indarto Happy Supriyadi M.Si.
Wilayah pesisir merupakan daerah pertemuan antara darat dan laut, ke arah darat meliputi bagian daratan yang masih dipengaruhi sifat-sifat laut, misalnya pasang surut, angin serta perembesan air laut; ke arah laut meliputi bagian laut yang masih dipengaruhi oleh sifat-sifat daratan, misalnya aliran air tawar, sedimentasi ataupun kegiatan manusia di darat (Dahuri et al. 2001). Menurut Undangundang Nomor 27/2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil, perairan pesisir adalah laut yang berbatasan dengan daratan meliputi perairan sejauh 12 (dua belas) mil laut diukur dari garis pantai, perairan yang menghubungkan pantai dan pulau-pulau, estuari, teluk, perairan dangkal, rawa payau, dan laguna. Di dalam wilayah pesisir terdapat tiga ekosistem penting yaitu ekosistem mangrove, ekosistem lamun dan ekosistem terumbu karang. Ketiga ekosistem tersebut saling berinteraksi dan memiliki konektivitas secara fisik maupun biologis. Secara fisik, ekosistem mangrove berfungsi sebagai penahan laju sedimentasi dari daratan, sehingga menjaga kejernihan air yang masuk ke ekosistem lamun dan terumbu karang. Demikian pula dengan ekosistem lamun yang berfungsi sebagai pemerangkap sedimen, sehingga menjaga kejernihan air. Secara biologi, konektivitas ketiga ekosistem dapat dilihat dari habitat sebagai nursery ground. Hasil pengamatan Jaxion-Ham et al. (2012) menyimpulkan bahwa ikan juvenil banyak dijumpai di ekosistem lamun dan mangrove, sementara ikan dewasa berada di terumbu karang.

Status Padang Lamun Indonesia 2018/ Nurul Dhewani Mirah Sjafrie, Udhi Eko Hernawan, Bayu Prayudha, Indarto Happy Supriyadi, Marindah Yulia Iswari, Rahmat, Kasih Anggraini, Susi Rahmawati, Suyarso, -- Jakarta : Puslit Oseanografi - LIPI. 40 hlm. ; 17,6 cm x 25 cm Bibliografi : hlm. 37

ISSN / ISBN / IBSN : ISBN: 978-602-650 4203

No. Arsip : LIPI-20190116
Download Disini