REFORMASI BIROKRASI LIPI

Reformasi Birokrasi adalah langkah strategis untuk membangun aparatur negara agar lebih berdaya guna dan berhasil dalam mengemban tugas umum pemerintahan dan pembangunan nasional. Oleh karena itu, harus segera diambil langkah-langkah yang bersifat mendasar, komprehensif, dan sistematik sehingga tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien. Reformasi disini merupakan proses pembaharuan yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Pelaksanaan reformasi birokrasi diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010 – 2025.

Berkaitan dengan hal tersebut, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai salah satu instansi pemerintah berkomitmen melaksanakan Reformasi Birokrasi Pelayanan Reformasi Birokrasi di LIPI telah dilakukan sejak 2010 dan berupaya menyempurnakan serta meningkatkan kualitas Reformasi Birokrasi. Hal ini tercermin dari hasil penilaian pelaksanaan Reformasi Birokrasi oleh Kementerian PAN dan RB yang terus meningkat.

Reformasi Birokrasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Roadmap Reformasi Birokrasi

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Peta Jalan Reformasi Birokrasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 2020-2024

Peta Jalan Reformasi Birokrasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) 2020—2024  ini disusun untuk memberikan pedoman dalam implementasi program reformasi birokrasi di lingkungan LIPI.


Peta jalan ini dikembangkan dari Agenda penyempurnaan dan peningkatan kualitas Reformasi Birokrasi Nasional (RBN) sesuai dengan amanat RPJMN 2020-2024 dan hasil evaluasi Tim Unit Pengelola Reformasi Birokrasi Nasional (UPRBN) terhadap pelaksanaan RB LIPI diperiode sebelumnya. Penyusunan peta jalan merupakan kewajiban bagi setiap kementerian/lembaga, termasuk LIPI dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

Fungsi Peta Jalan ini sebagai panduan dalam melaksanakan penyusunan dan evaluasi pelaksanaan program, kebijakan dan kegiatan reformasi birokrasi di lingkungan LIPI Tahun 2020-2024. Panduan inipun memungkinkan untuk dilakukan perubahan dan penyesuaian sesuai dengan dinamika pelaksanaan tugas dan fungsi LIPI. Diharapkan dengan adanya Peta Jalan ini dapat meningkatkan kualitas dari reformasi birokrasi baik di tingkat satuan kerja, Kedeputian/Settama, maupun LIPI.

Zona Integritas

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Zona Integritas

Zona Integritas (ZI) merupakan predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBK) melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Pembangunan ZI ini merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan professional. Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagaimana Keputusan Presiden Nomor 103 Tahun 2001 tentang Kedudukan, Tugas, Fungsi, Kewenangan, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Lembaga Pemerintah Non Departemen mempunyai tugas untuk melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian ilmu pengetahuan. Sebagai lembaga pemerintah non kementerian, LIPI juga memberikan pelayanan kepada masyarakat baik secara langsung maupun tidak.

Indeks Kepuasan Masyarakat

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Indeks Kepuasan Masyarakat

Berita RB

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Membentuk ASN LIPI yang Cinta Tanah Air dan Berkinerja Profesional


Jakarta, Humas LIPI. Senin (2/8) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia kembali menyelenggarakan apel pagi virtual. Kegiatan ini sudah untuk kedua kalinya rutin dilaksanakan sejak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan/RB) mengeluarkan arahan terkait pelaksanaan upacara/apel di lingkungan instansi pemerintah,
Pelaksana Harian Kepala LIPI Agus Haryono pun sangat mengapresiasi semangat civitas LIPI dalam pelaksanaan apel yang digelar virtual akibat pandemi COVID19. “Saya lihat peserta semakin banyak, hampir 1000. Apel pagi ini memang dirancang oleh Menteri PAN/RB dalam rangka memelihara rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Ini sangat penting, terlebih kita sebagai ASN,” tutur Agus dalam sambutannya.

Agus menyebut apel pagi ini diharapkan dapat menjadi pengingat akan ideologi negara melalui Pembacaan Pancasila dan tujuan negara dalam Pembukaan UUD 1945. “Dengan harapan kita semakin sadar untuk memperkuat implementasi ideologi Pancasila,” sambung Agus.
Selain itu, Agus menyampaikan bahwa kegiatan rutin seperti ini akan menjadi sarana yang baik untuk mendekatkan koordinasi pimpinan dan seluruh sivitas LIPI. “Momen ini saya rasa sangat efektif untuk memelihara koordinasi pimpinan baik di semua level satuan kerja, biro, maupun pusat penelitian,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Agus pun menyampaikan belasungkawanya atas meninggalnya 12 orang civitas LIPI akibat terpapar COVID19. “Ini merupakan angka yang cukup besar, kita semua tentu merasa kehilangan. Oleh karena itu, kita mendorong untuk betul-betul menjaga protokol kesehatan,” kata Agus.

Dalam situasi pandemi yang berkepanjangan ini, Agus pun mendorong agar civitas LIPI tetap dapat menjalankan kinerja dan penyelenggaran anggaran dengan efektif, efisien, produktif dan inovatif.
“Dengan penghematan anggaran, ini tantangan agar kita berinovasi dan tetap produktif. Juga berpedoman pada core value ASN BerAKHLAK (Berorientasi pelayanan, Akuntabilitas, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, fan Kolaboratif) dan Bangga Melayani yang diluncurkan pemerintah. Ini sebagai panduan kita dalam berpikir, bertutur, dan berperilaku.” terangnya.

Sekretaris Utama LIPI, Deputi Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan LIPI, Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Deputi Jasa Ilmiah LIPI, yang turut hadir pun menegaskan bahwa dalam lingkup Reformasi Birokrasi, ASN LIPI tetap dituntut profesional berkinerja meski di tengah segala disrupsi pandemi COVID19. (iz)

ELSA, Platform Online Satu Atap Layanan Ilmiah LIPI

Jakarta, Humas LIPI. Sebagai lembaga riset pemerintah, tugas dan fungsi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tidak hanya menjalankan program kerja riset dan inovasi. LIPI juga memiliki tanggung jawab sebagai penyelenggara layanan publik dalam lingkup layanan ilmiah. Fungsi ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan misi LIPI untuk memasyarakatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Layanan ilmiah ini dapat diakses oleh masyarakat luas melalui platform satu atap berbasis online, yaitu e-Layanan Sains atau ELSA.

Seiring dengan praktik Reformasi Birokrasi di lingkungan LIPI, perbaikan dan pengembangan kualitas layanan ilmiah ini pun terus ditingkatkan. Sebelumnya, layanan-layanan LIPI tersebar di unit-unit kerja LIPI. Namun, untuk mempermudah masyarakat, LIPI akhirnya menyediakan ELSA elsa.lipi.go.id. sebagai layanan satu atap dalam situs web yang lebih komprehensif dan akomodatif.
 

Tampilan Beranda ELSA LIPI
 
Saat ini, ELSA menjadi rumah layanan-layanan publik yang disediakan oleh LIPI. Layanan-layanan tersebut meliputi sarana-prasarana riset dan nonriset, konsultasi ilmiah, bimbingan, kerja sama nasional dan internasional, dan lain-lain. Layanan tersebut pun terbuka untuk pihak internal dan eksternal.
Kategori Layanan LIPI melalui ELSA

Bimbingan Sarana Prasarana Lain-lain
Pelatihan Metodologi Penelitian dan Karya Tulis Ilmiah Pengujian, Analisis, Pengukuran, dan Kalibrasi ISSN
Pelatihan dan Bimbingan Teknis Ilmiah Peralatan dan Mesin LIPI HPC
Bimbingan Tugas Akhir Mahasiswa Produksi Penerbitan
Kunjungan Ilmiah Gedung Perkebunrayaan
Workshop Ruangan Identifikasi
Pemagangan Siswa dan Mahasiswa Sarana Umum Lainnya  
 
Sampai tanggal 25 Juni 2021, jumlah layanan yang masuk di ELSA sudah mencapai 1.344 dari 30 unit kerja di lingkungan LIPI. Hampir seluruh sarana prasarana riset pun telah masuk ke dalam ELSA.

Hingga saat ini, penggunaan layanan di ELSA didominasi oleh pihak eksternal dengan rasio 7:1. Selain itu, sebanyak 6.700 pengajuan di ELSA telah membawa Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) lebih dari 1,5 miliar rupiah. Sementara itu, para pelaksana layanan pun mendapatkan insentif menggunakan ‘mata uang’ ELSA Poin.