Buku Road Map Papua

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan

DESKRIPSI SINGKAT

Salah satu kontribusi LIPI dalam penelitian bidang sosial ialah dengan kemunculan buku tentang Road Map Papua. Hasil penelitian ini berupaya memberikan masukan kepada pemerintah dalam penyelesaian berbagai konflik yang melanda provinsi paling timur Indonesia tersebut.
           
Setidaknya ada empat isu yang dikelompokkan sebagai sumber-sumber konflik papua dalam buku itu. Pertama, masalah marjinalisasi dan efek diskriminatif terhadap orang asli Papua sejak 1970. Untuk menjawab masalah ini, kebijakan alternatif rekognisi perlu dikembangkan untuk pemberdayaan orang asli Papua.
 
Isu kedua adalah kegagalan pembangunan terutama di bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi rakyat. Untuk itu, diperlukan semacam paradigm baru pembangunan yang berfokus pada perbaikan pelayanan publik demi kesejahteraan orang asli Papua di kampung-kampung.
 
Masalah utama ketiga adalah adanya kontradiksi sejarah dan konstruksi identitas politik antara Papua dan Jakarta. Masalah ini hanya bisa diselesaikan dengan dialog seperti yang sudah dilakukan untuk Aceh.
 
Isu keempat adalah pertanggungjawaban atas kekerasan Negara di masa lalu terhadap warga Negara Indonesia di Papua. Untuk itu, jalan rekonsiliasi di antara pengadilan hak asasi manusia (HAM) dan pengungkapan kebenaran adalah pilihan-pilihan untuk penegakan hokum dan keadilan bagi Papua, terutama korban, keluarganya, dan warga Indonesia di Papua secara umum.