Carbon Nanotube Berbasis Selulosa Alami

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik

DESKRIPSI SINGKAT

Carbon nanotube (CNT) suatu molekul silinder karbon dengan diameter ukuran nanometer, merupakan material maju yang sangat ideal untuk diaplikasikan secara luas di bidang energi, nanotechnology, elektronik, optic, kesehatan, pangan, lingkungan dan bioteknologi. Sejak penemuan CNT pertama kali oleh Iijima pada 1991, penelitian yang berkaitan dengan properti, struktur, metode sintesis dan aplikasi CNT terus berkembang pesat. Produksi CNT meningkat berkaitan dengan sifat listrik, mekanik, termal, luas permukaan yang tinggi, dan ukuran partikel yang sangat kecil (nanometer).

APLIKASI

1) Penguasaan teknologi sintesis CNT berbasis selulosa alam dan CNT yang terkarakterisasi jenis, sifat fisik dan kimia serta memiliki tingkat kemurnian yang tinggi diharapkan dapat mendukung kegiatan sektor energi, lingkungan, elektronik, dll.
2) Dapat meningkatkan nilai ekonomi sumber daya hayati menjadi bahan baku industri dan produk bernilai ekonomi.
3) Dapat menurunkan ketergantungan terhadap produk CNT import.

KEUNGGULAN

CNT diproduksi dengan memanfaatkan sumber daya alam yaitu selulosa alam sebagai sumber bahan baku (prekursor) karbon. Kapas menjadi salah satu pilihan sumber selulosa berdasarkan kandungan polisakarida diatas 80%, ketersediaan bahan baku, murah dan memberikan nilai tambah pada sumber daya alam sehingga dapat menjadi bahan baku atau produk bernilai ekonomi. Metode sintesis CNT yang digunakan adalah pyrolyisis dimana proses dilakukan pada temperatur dibawah 1.000oC sehingga lebih hemat energi dan ramah lingkungan.

STATUS TEKNOLOGI

Beragam metode digunakan untuk memproduksi CNT. Pada mulanya proses dilakukan pada temperatur diatas 1.000oC diantaranya metode arc discharge, chemical vapour deposition (CVD), dan laser vaporation. Bahan baku (prekursor) karbon yang digunakan pun sangat bervariasi dan umumnya menggunakan bahan baku senyawa hidrokarbon seperti metan dan hidrokarbon tersaturasi seperti butane, propane, dan hexane. Saat ini, penelitian mengenai pencarian sumber karbon dan katalis yang efektif serta proses sintesis yang efisien telah menjadi salah satu faktor penting dalam pengembangan ilmu dan teknologi CNT. Metode sintesis CNT yang digunakan adalah pyrolysis method dengan bantuan katalis logam, dimana proses dilakukan pada temperatur dibawah 1.000oC.