EFT (Electric Fuel Treatment)

Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik

DESKRIPSI SINGKAT

Electric Fuel Treatment (EFT) adalah merupakan alat untuk meningkatkan sifat bahan bakar menjadi lebih efisien pada berbagai kendaraan bermotor dengan menggunakan prinsip Electrical Magnetic Resonance. Dengan menggunakan alat ini BBM (baik solar ataupun bensin yang menuju ke sistem saluran karburator/injeksi diresonansikan secara elektris, sehingga terbentuk molekul-molekul BBM yang tingkat energinya lebih besar dibanding sebelumnya. Dengan demikian EFT dapat menghasilkan kalor BBM yang lebih sempurna, dan telah didaftarkan pada Ditjen Paten HKI RI No. P00200400434

APLIKASI

Fitur alat ini, antara lain tabung bagian dalam terbuat dari bahan logam tahan terhadap BBM dan bahan aditip, tabung bagian luar terbuat dari baja anti karat (stainless steel), diameter saluran masuk / keluar BBM sesuai dengan standar yang diterapkan pada kendaraan buatan Jepang dan Eropa. Selain itu, sistem elektrik dilengkapi pembatas arus (fuse) dan EFT 110 LHD, EFT 138 LHD dipasang untuk mesin yang menggunakan karburator, injeksi berbahan bakar bensin dan solar.

KEUNGGULAN

Manfaat penggunaan alat ini adalah meningkatkan sifat bahan bakar mejadi lebih efisien pada berbagai kendaraan bermotor, mengurangi getaran mesin, mengurangi emisi gas buang, mengurangi pemeliharaan sistem karburasi, dan mencegah timbulnya kerak pada ruang bakar.

KONTAK

Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI
Kampus LIPI Bandung
Jl. Cisitu, Sangkuriang Bandung, Jawa Barat 40135
Telp. 022-2503055, 022-2504770; Fax. 022-2504773