Kit untuk Deteksi Virus Penyebab Kanker Leher Rahim

Pusat Penelitian Bioteknologi

DESKRIPSI SINGKAT

Human Papillomavirus (HPV) dapat menyebabkan kanker serviks pada wanita sedangkan pada pria merupakan pembawa (carrier) karena sifatnya yang dapat menular. Kit diagnostic ini berfungsi untuk mengecek apakah seseorang terkena HPV dan dapat mendeteksi jenis-jenis HPV seperti HPV utama (tipe 16 dan 18) dan HPV penyebab kutil kelamin (tipe 6 dan 11) berbasis teknologi multipleks PCR (polymerase chain reaction). Kit ini juga dapat mendeteksi serta memutuskan perlu tidaknya vaksinasi HPV dilakukan dan mendeteksi individu yang diduga membawa virus (carrier).
 
Keunggulan alat ini adalah dapat digunakan pada pria dan wanita, dapat mendeteksi dini kanker servik pada stadium awal infeksi awal prakanker, dapat menggunakan berbagai jenis sampel biologis, dapat mengetahui tipe virus dengan prevalansi tinggi serta dirancang menggunakan sumber daya HPV Indonesia. Kit tersebut saat ini sudah terdaftar dengan Paten No. P00201100876.

KEUNGGULAN

Keunggulan alat ini adalah dapat digunakan pada pria dan wanita, dapat mendeteksi dini kanker servik pada stadium awal infeksi awal prakanker, dapat menggunakan berbagai jenis sampel biologis, dapat mengetahui tipe virus dengan prevalansi tinggi serta dirancang menggunakan sumber daya HPV Indonesia

STATUS TEKNOLOGI

Terdaftar dengan Paten No. P00201100876.

KONTAK

Pusat Penelitian Bioteknologi
Cibinong Science Center, Jl. Raya Bogor Km. 46, Cibinong, Bogor 16911
e-mail: p2biotek@indo.net.id | Telp. (021) 8754627, 8754587, Faks. (021) 8754588
Dr. Sukma Nuswantara; Dr. Titik K. Prana; Dwi Wulandari; Henni Widyowati; Sri Kartika Wijaya