Mobil Listrik dan Mobil Hybrid

Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik

DESKRIPSI SINGKAT

LIPI pada Maret 2010 meluncurkan varian mobil ramah lingkungan, yakni mobil hybrid. Mobil jenis ini merupakan kendaraan yang menggunakan teknologi mobil listrik dikombinasikan dengan mobil hybrid tipe seri yang menggunakan generator dan baterai.

APLIKASI

Ada dua energi sebagai penggerak mobil. Energi ini terbagi dalam energi utama yang berasal dari listrik (energi listrik dari PLN) yang tersimpan pada motor listrik serta energi tambahan dari mesin generator. Mesin tambahan hanya berfungsi ketika dibutuhkan saja sebab bahan bakar generator berasal dari BBM (bensin, solar dan semacamnya).
 
Komposisi penggunaan energi lebih besar bersumber dari motor listrik. Sedangkan, penggunaan mesin maksimal hanya 50% saja sewaktu benar-benar dibutuhkan. Tujuan pemakaian mesin hanya untuk memperpanjang jarak tempuh mobil ketimbang mobil yang menggunakan tenaga 100% listrik. Mobil hybrid LIPI menggunakan motor listrik dengan mesin berkapasitas 160cc. Daya yang dihasilkan sebesar 43 hp dengan kecepatan melaju 70 km/jam.

KEUNGGULAN

Penciptaan mobil hybrid memiliki beberapa keunggulan ketimbang mobil konvensional. Pertama, penurunan penggunaan BBM secara signifikan karena energi utamanya dari listrik yang menghemat BBM 50%. Kedua, bisa berkontribusi dalam penurunan emisi gas karbon hasil pembakaran BBM. Dan ketiga, penggunaan mobil hybrid bisa menghemat biaya operasional sebab lebih murah disbanding mobil konvensional.

KONTAK

Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik
Kampus LIPI Bandung
Jl. Cisitu, Sangkuriang Bandung, Jawa Barat 40135
Telp. 022-2503055, 022-2504770; Fax. 022-2504773
Suherman, ST.