Penelitian Bahasa Etnis dan Strategi Perlindungan serta Pengembangan Bahasa dan Kebudayaan Etnik

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan

DESKRIPSI SINGKAT

Indonesia adalah masyarakat plural yang terdiri dari beratus-ratus kelompok etnis. Setiap kelompok ini tentu memiliki kebudayaan dan bahasa sendiri. Secara umum, Indonesia terbagi atas dua kelompok bahasa besar yakni rumpun Austrinesia dan Non-Austronesia, dari sekian banyak bahasa yang ada, diperkirakan 169 Bahasa Etnis diantaranya terancam punah.
 
Ancaman kepunahan bahasa daerah cenderung terjadi pada rumpun Non-Austrinesia, khususnya terletak di Indonesia bagian timur. Ada beragam faktor yang mempengaruhi kepunahan bahasa tersebut sebagaimana diperkuat penelitian lapangan LIPI pada pertengahan 2011.
 
Pertama para penuturnya berpikir tentang dirinya sebagai inferior secara sosial, kedua terikat pada masa lalu, ketiga sisi tradisional, dan keempat karena secara ekonomi kehidupannya stagnan. Keempat sebab ini disebut oleh sejumlah linguis sebagai ‘proses penelantaran bahasa’. Sedangkan, faktor-faktor yang mempercepat kepunahan bahasa juga datang dari kebijakan pemerintah, penggunaan bahasa dalam pendidikan dan tekanan bahasa dominan dalam suatu wilayah masyarakat multibahasa yang berdampingan.