Penemuan Spesies Baru di Area Maritim

Pusat Penelitian Oseanografi

DESKRIPSI SINGKAT

Pusat Penelitian Oseanografi (P2O-LIPI) memiliki tugas melakukan penelitian di bidang oseanografi,di mana salah satunya adalah melakukan inventarisasi biota laut terutama penemuan spesies baru. Dalam kurun waktu 5 tahun belakangan (2010– 2014), peneliti dari Pusat Penelitian Oseanografi telah berhasil menemukan 18 spesies baru.
 
Penemuan spesies baru tersebut sangat penting mengingat indonesia merupakan negara yang kaya akan biodiversitas laut. penemuan-penemuan ini dapat menjadi dasar pemanfaatan potensi sumber daya hayati laut di perairan indonesia. penemuan spesies baru tersebut sangat penting mengingat indonesia merupakan negara yang kaya akan biodiversitas laut. penemuan-penemuan
ini dapat menjadi dasar pemanfaatan potensi sumber daya hayati laut di perairan indonesia.
 
12 spesies baru telah ditemukandari filum Crustacea yang merupakanjenis kepiting dan klomang. Penemuan ini dilakukan oleh Prof. Dr. Dwi Listyo Rahayu dalam kurun waktu 2010– 2014. Mayoritas dari spesies-spesies tersebut berasal dari Indonesia Timur. Penemuan tersebut merupakan hasil kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain adalah Raffles Museum of Biodiversity Research-NUS Singapore dan Museum Zoologi Bogor-LIPI.
 
Spesies baru udang alpheid dari genus Salmoneus Holthius 1955, ditemukan di Teluk Sekotong, Lombok Barat, Indonesia oleh Arthur Anker, Muhammad Firdaus, dan Idham Sumarto Pratama.
 
Penemuan spesies baru ikan pari New Species Himantura merupakan hasil kerjasama beberapa peneliti Indonesia (Dr. Irma Shita Arlyza) dan ilmuwan Perancis. Penemuan ini dipublikasikan
melalui jurnal Comptes Rendus Biologies 336(2):82–92, dengan judul ”Himantura tutul sp. nov. (Myliobatoidei:Dasyatidae), a New Ocellated Whiprayfrom Tropical Indo-West Pasific, describe Fro It Cytochrome-oxidas.
 
Sebanyak satu spesies baru ikan (Vanderhorstia lepidobucca) ditemukan di perairan Selat Lembeh, Sulawesi Utara oleh Dr. Teguh Peristiwady. 5 spesies baru dari filum Anelid(cacing) ditemukan dari Raja Ampat, Papua. Spesies ini ditemukan oleh Dra. Iin Inayat Al-Hakim, Mind Summers, dan Greg W. Rouse. Penelitian ini dilakukan atas kerjasama antara Pusat Penelitian Oseanografi dan Scripps Institution of Oceanography, USA.I Gene Sequence”.
 

KONTAK

Pusat Penelitian Oseanografi
Jln. Pasir Putih 1, Ancol Timur, Jakarta 14430 | e-mail: p2o@oseanografi.lipi.go.id
Telp. (021) 64712287, 64713850, Faks. (021) 64711948
Sumber: Buku Kontribusi Pusat Penelitian Oseanografi LIPI Pada IPTEK Kelautan Tahun 2010-2014, terbit tahun 2015