79 Tahun Kebun Raya Purwodadi LIPI: Komitmen Menaungi Flora Endemik Nusantara

 
 
Didirikan pada 30 Januari 1941, Kebun Raya Purwodadi merayakan ulang tahun ke-79 pada 30 Januari lalu. Dalam rangka merayakan hari jadi Kebun Raya Purwodadi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)  akan mengadakan “Festival 79 Tahun Kebun Raya Purwodadi” pada Minggu, 2 Februari 2020 di Kebun Raya Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur.  
 
Purwodadi, 2 Februari 2020. Kebun Raya Purwodadi yang juga dikenal dengan nama Hortus Iklim Kering Purwodadi didirikan pada tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. L.G.M. Baas Becking. Kebun seluas 85 hektare ini mengoleksi 12389 spesimen tumbuhan yang hidup di dataran rendah kering. Saat ini Kebun Raya Purwodadi dikelola oleh LIPI, yang juga mengelola Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Bali, dan Cibinong Science Center-Botanical Garden.  

Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko menjelaskan pihaknya terus berupaya menjadikan Kebun Raya Purwodadi  sebagai kawasan konservasi ex-situ. Kebun Raya Purwodadi juga merupakan kawasan riset untuk flora dari eco-region dataran rendah kering Indonesia. Kebun Raya ini pun menjadi rujukan bagi kebun raya daerah di sekitarnya. “LIPI juga  terus berkomitmen melalui kebun raya untuk konservasi ex-situ dari sepuluh eco-region primer yang menaungi flora endemik kekayaan hayati nusantara,” ujar Handoko.  

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R. Hendrian menjelaskan koleksi tumbuhan di Kebun raya Purwodadi  dikelompokkan ke dalam beberapa lanskap koleksi tanaman dalam beberapa taman tematik yaitu, palem, paku, taman meksiko, bambu, tanaman obat, polong-polongan, area yang dihutankan, mangga, pisang, dan tanaman bougainvillea (bunga kertas). “Selain itu juga koleksi anggrek dan hoya dalam rumah kaca serta koleksi bijibijian dalam Bank Biji,” terang Hendrian. Dirinya menjelaskan, Bank Biji merupakan wahana alternatif yang potensial untuk konservasi sumber daya hayati. “Di samping ukurannya relatif kecil, juga tidak memerlukan ruang simpan yang cukup besar untuk dapat menghimpun keanekaragaman jenis tumbuhan,” jelasnya. 

“Festival 79 Tahun Kebun Raya Purwodadi” sendiri akan diisi dengan Plant & Fruit Festival yang merupakan kolaborasi Kebun Raya Purwodadi dan masyarakat. Festival ini menampilkan berbagai tumbuhan dan hasil bumi. Disuguhkan pula Music Enthusiast untuk memperkenalkan dan menghibur pengunjung kepada kesenian daerah Jawa Timur, dengan bintang tamu Denny Caknan. Selain itu juga festival akan diisi Social Experience dengan rangkaian acara yang akan memeriahkan pengalaman pengunjung di festival ini antara lain Fun Games, Donor Darah, dan Kumpul Komunitas.


Sivitas Terkait : Yani Ruhyani
Diakses : 543    Dibagikan :