KIPA Korea Selatan Bersama LIPI Kaji Teknologi Biofuel untuk ASEAN

 
 
Korea Selatan dan Indonesia merupakan negara yang menaruh perhatian lebih pada pengembangan teknologi biofuel. Kedua negara ini pun menjalin kerja sama untuk pengembangan teknologi tersebut guna menghasilkan energi baru terbarukan yang berkelanjutan di masa depan. Korea Selatan dalam hal ini diwakili oleh The Korean Invention Promotion Association (KIPA) dan Indonesia diwakili oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Untuk mengkaji perkembangan kebijakan biofuel dan tren Intelectual Property (IP) terkait teknologi biofuel, kedua lembaga riset dua negara tersebut menyelenggarakan kegiatan The 2nd Seminar of Biofuel and IP Policy Consultation pada Selasa, 27 Februari 2018 di Jakarta.
 
Jakarta, 27 Februari 2018. Seminar kedua yang diadakan oleh KIPA dan LIPI kali ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia, Korea Selatan, dan ASEAN akan pentingnya energi terbarukan, khususnya biofuel. Melalui diskusi para ahli diharapkan bisa memprediksikan bagaimana perkembangan IP dan masa depan teknologi biofuel untuk pemenuhan kebutuhan energi masyarakat.
 
The 2nd Seminar of Biofuel and IP Policy Consultation adalah program lanjutan antara 10 negara anggota ASEAN dan Republic of Korea (ROK). Para ahli di bidang properti intelektual, teknologi hijau, energi terbarukan, dan komersialisasi teknologi akan mempresentasikan dan membahas isu-isu penting yang berkaitan dengan status terkini dari kebijakan biofuel dan kemajuannya dalam seminar tersebut.
 
Selain itu, seminar juga membahas beberapa perkembangan isu terkini antara lain terkait perkembangan kebutuhan masyarakat pada teknologi biofuel dan tantangan di masa depan. Kemudian, ada pula konsultasi dan saling berbagi ilmu pengetahuan terkait pengelolaan IP. 
 
Dengan penyelenggaraan seminar tersebut, diharapkan kolaborasi kedua negara mampu menumbuhkan kepedulian pada energi baru dan terbarukan. Hal ini akan menjadi fondasi yang kuat untuk mendorong kerja sama antar negara anggota ASEAN, Republik Korea dan pelaku bisnis terkait. Hasil seminar ini juga diharapkan memberikan tambahan ilmu pengetahuan bagi setiap negara yang mengikuti serta membuat gagasan terkait penggunaan teknologi biofuel saat ini dan masa depan.
 
Sebagai informasi, topik yang akan dibahas dalam seminar diantaranya Visi Komunitas ASEAN 2025, Masa Depan Paris Agreement tentang Perubahan Iklim dan ASEAN, Tren Kebijakan dan Industri Bio-energi, Strategi Komersialisasi Teknologi Biofuel, Perizinan dan Manajemen IP, Tantangan Teknologi Biofuel dan IP, Diskusi Tantangan dalam Produksi Biofuel, Model Bisnis Kanvas, Lokakarya Metodologi Pengembangan dan Model Bisnis untuk Komersialisasi Teknologi Biofuel.
 
 
Keterangan Lebih Lanjut:
  • Budi Prawara (Kepala Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika LIPI)
  • Mr. Danny Yoo (KIPA, email: danny@kipa.org)
  • Dwie Irmawaty Gultom (Kepala Bagian Humas, Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI)

Sumber: Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI
Penulis: lyr
Editor: pwd,dig

Siaran pers ini disiapkan oleh Humas LIPI

 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI diolah dari Pusat Penelitian Telimek LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Eng. Budi Prawara
Diakses : 512    Dibagikan :