Kebun Raya Indrokilo Boyolali Siap Diresmikan

 
 
Setelah pembangunan selama empat tahun, Kebun Raya Indrokilo yang berlokasi di kelurahan Kemiri, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah akan diresmikan pada Jum’at, 3 Mei mendatang. Peresmian direncanakan akan dilakukan oleh Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia yang juga Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Soekarno Putri; Bupati Boyolali, Seno Samodro; dan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Enny Sudarmonowati di Boyolali, Jawa Tengah.
 
Boyolali, 3 Mei 2019. Kebun Raya Indrokilo menempati lahan seluas 9,35 hektare. “Pembangunan Kebun Raya Indrokilo Boyolali adalah bukti komitmen dan sinergi kuat antara LIPI, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Dalam Negeri, pemerintah daerah juga pihak-pihak terkait dalam mewujudkan pembangunan Kebun Raya,” ujar Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati.
 
Dirinya menjelaskan, LIPI telah berperan aktif dalam pembangunan Kebun Raya Daerah. “Hingga akhir tahun 2018, terdapat 34 Kebun Raya Daerah di Indonesia yang tersebar di 21 provinsi, dan mewakili 17 tipe ekoregion dari 47 tipe ekoregion yang ada di Indonesia,” jelasnya. Enny mengungkapkan,  pada tahun 2019 ini tiga kebun raya direncanakan akan diresmikan yaitu Kebun Raya Indrokilo Boyolali, Kebun Raya Jagatnatha Jembrana, dan Kebun Raya Kendari.
 
Plt. Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R. Hendrian menjelaskan Kebun Raya Indrokilo Boyolali mengusung tema konservasi tumbuhan hutan hujan dataran rendah Jawa bagian timur. “Kebun Raya Indrokilo Boyolali saat ini mempunyai jumlah koleksi tumbuhan tertanam di kebun sebanyak 987 spesimen yang terdiri dari 60 famili, 92 genera dan 113 spesies. Sebanyak 80 spesimen di antaranya masih merupakan spesies yang belum teridentifikasi,” terang Hendrian.
 
Dirinya menjelaskan, Kebun Raya Indrokilo Boyolali dilengkapi oleh taman tematik seperti Taman Tematik Buah Lokal, Taman Paku-pakuan, Taman Labirin, Taman Koleksi Tanaman Obat, dan Taman Koleksi Bambu. “Juga terdapat bangunan-bangunan ikonik seperti  Gerbang Utama Pasingsingan, Patung Mahesa Jenar, Embung Segara Alit, dan Air Terjun Niagara,” papar Hendrian.
 
Menurut Hendrian, keberadaan Kebun Raya Indrokilo Boyolali bernilai strategis dalam mendukung aktifitas pendidikan ilmu biologi dan lingkungan bagi pelajar dan mahasiswa terutama di dua kota besar di Jawa Tengah, yaitu Semarang dan Solo. “Selain itu, Kebun Raya Indrokilo Boyolali juga  mempunyai peran penting dalam memberikan jasa ekosistem berupa konservasi air mengingat kondisi tanah di sekitar lokasi yang relatif kering,” pungkas Hendrian.
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati
Diakses : 152    Dibagikan :