LIPI Dorong Penguatan SDM Bidang Komersialisasi Hasil Penelitian

 
 
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Inovasi terus berupaya meningkatkan komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan teknologi. Untuk memperkuat upaya ini, LIPI pun berusaha melakukan penguatan dari segi sumber daya manusia (SDM). Dengan penguatan SDM, diharapkan mendorong komersialisasi hasil penelitian berjalan lebih baik lagi.
 
Jakarta, 12 September 2017. Langkah untuk memperkuat SDM komersialisasi hasil penelitian, salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Serial Workshop on Powerful Research Commercialization. Workshop ini merupakan tindaklanjut dari pengembangan kerja sama antara School of Business The University of Queensland (UQ) Australia dengan Pusat Inovasi LIPI. Workshop tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai proses komersialisasi yang berbasis pada hasil penelitian dan pengembangan, serta melatih bagaimana praktiknya melakukan komersialisasi tersebut di dalam maupun di luar LIPI.
 
Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto berharap Serial Workshop ini, dapat menjadi sarana komunikasi dari tumbuhnya jiwa teknopreneurhip yang dapat mengembangan proses alih teknologi khususnya yang berorientasi pada pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan serta mendorong peranan Iptek dalam peningkatan daya saing bangsa. Apalagi LIPI sesuai dengan visinya, berkomitmen untuk mendorong peningkatan daya saing nasional khususnya pemanfaatan dari hasil penelitian dan pengembangan teknologi.
 
“Salah satu upayanya yaitu dengan melakukan komersialisasi hasil penelitian. Komersialisasi hasil penelitian di Indonesia membuka peluang menguatnya dukungan terhadap daya saing industri melalui kemitraan dengan pihak industri dan dengan mendorong tumbuhnya unit usaha baru yang didirikan (startup company),” ungkap Bambang.
 
Di lingkungan LIPI sendiri, komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan menjadi tugas Pusat Inovasi, namun  demikian diharapkan seluruh internal satuan kerja LIPI harus memahami langkah-langkah melakukan komersialisasi. Hal ini agar membantu meningkatkan komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan yang ada di lingkungan LIPI. 
 
Sebagai informasi, Serial Workshop komersialisasi sendiri terbagi menjadi dua kali penyelenggaraan. Seri pertama dilaksanakan pada 12 September 2017 untuk Training for Trainer di lingkungan LIPI di Jakarta. Sedangkan, Seri kedua diselenggarakan pada 14-15 September 2017 di Bandung, Jawa Barat untuk General Participant, baik di dalam maupun di luar LIPI.
 
Khusus seri pertama, workshop bertajuk Training of Trainer on Powerful Research Commercialization ini menghadirkan pembicara utama Associate Prof. Damian Hine (UQ Australia). Kegiatan ini akan digelar di Ruang Seminar PDII LIPI Lt. 2, Jl. Gatot Subroto Kav. 10 Jakarta pada Selasa, 12 September 2017 mulai pukul 08.30 WIB hingga selesai.
 
 
 
Keterangan Lebih Lanjut:
- Nurul Taufiqu Rochman (Kepala Pusat Inovasi LIPI)
- Isrard (Kepala Bagian Humas - Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI)


Sumber: Pusat Inovasi
Penulis: pwd
Editor: isr

Siaran pers disiapkan oleh Humas LIPI

 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Nurul Taufiqu Rochman M.Eng.