LIPI Selenggarakan Pertemuan Ilmiah WISE 2018

 
 
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendapat kehormatan sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan ilmiah bertajuk Wageningen UR (University-Research Centre) – Indonesian Network Scientific Exposure (WISE) 2018. Pertemuan ini membahas inisiasi kerja sama riset baru antara para peneliti Indonesia dengan Belanda. Pertemuan itu diselengarakan pada 5-6 Juli 2018 di Gedung Diseminasi Iptek LIPI, Kawasan Cibinong Science Center–Botanical Garden (CSC–BG), Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
 
Kabupaten Bogor, 5 Juli 2018. Pertemuan WISE 2018 kali ini merupakan kegiatan kedua setelah diadakan di Kota Wageningen, Belanda pada tahun 2017 lalu. Penyelenggaraan WISE tahun ini terbilang spesial karena merupakan bagian dari kegiatan serial peringatan 100 tahun Wageningen University and Research Center (WUR). WUR merupakan salah satu universitas terbaik di Belanda terutama terkait pertanian dan aspek terkait lainnya.
 
Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI yang juga Ketua Tim Pengarah WISE 2018, Prof. Dr. Enny Sudarmonowati, mengatakan bahwa WISE merupakan wadah komunikasi dan jejaring antara alumni dan mahasiswa Indonesia yang bersekolah di WUR dengan para peneliti WUR. “Wadah ini diharapkan dapat menginisiasi kerja sama riset baru dengan peneliti internasional, khususnya Belanda. WISE diselenggarakan untuk lebih meningkatkan kolaborasi antara Wageningen UR dan Indonesia. Kemudian, untuk menciptakan platform bagi peneliti dan akademisi Indonesia yang pernah dan sedang belajar di Wageningen UR untuk berbagi hasil penelitian dan gagasan  kepada komunitas ilmiah yang lebih luas,” jelasnya.
 
Peneliti Pusat Penelitian Limnologi LIPI sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara WISE 2018, Dr. Hidayat, M.Sc., mengungkapkan kegiatan WISE 2018 diisi dengan diskusi panel dengan tema utama yang diusung terkait Food, Health and Ecological Resilience. Selain itu, ada sesi keynote lecture dan presentasi terpilih oleh peneliti WUR, alumni dan mahasiswa Indonesia yang meliputi tema-tema: (1) Agrobiotechnology, Nutrition & Health; (2) Environment and Climate; (3) Social Science; (4) Animal Science; (5) Plant Science; dan (6) Production Ecology & Resource Conservation.
 
Sebagai informasi, WISE 2018 akan dibuka oleh Kepala LIPI dan dihadiri oleh Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti RI. Lalu, dihadiri pula oleh alumni-alumni WUR yang telah berprestasi secara nasional, antara lain Prof. Dr. Gusti M. Hatta, Dr. Toni Liwang, Prof. Loekas Soesanto, dan sekitar 150 peserta Indonesia dan Belanda.
 
Sementara itu, penyelenggaraan WISE di hari kedua akan diisi dengan sejumlah workshop yang mengangkat topik antara lain: (1) New Concepts for Sustainable Aquaculture in Ponds; (2) Monitoring and forecasting of meteorological and hydrological droughts and associated forest fire hazard in the humid tropics; (3) Flow monitoring with Acoustic Doppler Current Profilers (ADCP); (4) The One Health approach: a framework to study rabies control in Indonesia; (5) Sustainable and integrated coastal zone management in North-Sulawesi, Indonesia; dan (6) Plant production: Past and future collaboration of WUR in Indonesia. Kemudian, ada pula penandatanganan MoU antara LIPI dan WUR, penanaman pohon di Kebun Raya Cibinong di CSC–BG, serta kunjungan ke Kebun Raya Bogor LIPI.

Keterangan Lebih Lanjut:
  • Dr. Hidayat, M.Sc. (Peneliti Pusat Penelitian Limnologi LIPI)
  • Dewi Nuryaningsih (Staf Bagian Humas Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI)

Sumber: Tim Panitia WISE 2018
Penulis: pwd
Editor: dig

Siaran Pers ini disiapkan oleh Humas LIPI

 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI diolah dari Tim Panitia WISE 2018

Sivitas Terkait : Dr. Hidayat S.Kom., M.Sc.