Pelajar Indonesia Borong Medali di Ajang Kompetisi IEYI 2020

 
 
Perwakilan pelajar Indonesia berhasil mencatatkan prestasi dalam ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) tahun 2020. Mereka berhasil mendapatkan total 6 penghargaan terdiri dari 1 medali emas, 3 medali perak, dan 2 medali perunggu. Para siswa merupakan bimbingan Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) pada program National Young Inventor Award(NYIA) ke 11, yang diselenggarakan LIPI pada 2019 lalu.

Jakarta, 9 Oktober 2020.Perwakilan pelajar Indonesia berhasil mencatatkan prestasi dalam ajang International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2020 dan berhasil mendapatkan total 6 medali dalam ajang tersebut.Enam medali berhasil diraih, di antaranya 1 medali emas, 3 medaliperak, dan 2 medali perunggu. Mereka adalah para siswa bimbingan Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI) yang sebelumnya merupakan finalis National Young Inventor Award (NYIA) ke-11, yang diselenggarakan LIPI pada 2019 lalu.

Pengumuman pemenang IEYI
sendiri secara resmi disampaikan melalui kanal daring pada Kamis (8/10). Sekretaris Utama LIPI, Nur Tri Aries mengungkapkan apresiasinya pada generasi sains muda Indonesia yang tetap berinovasi meski di tengah tantangan pandemi COVID-19. “Turut bangga inovator muda Indonesia di tengah pandemi bisa berhasil dan sukses mempresentasikan karya terbaiknya di beberapa kategori,” ujar Nur.

Menurut Nur,
semangat anak-anak Indonesia di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sudah selayaknya mendapatkan pendampingan ahli dan perhatian pelaku industri. “Saya berharap pembinaan dari karya ilmiah mereka terus dibimbing oleh para peneliti agar karya nya dapat dimanfaatkan termasuk oleh sektor industri,” imbuhnya.

Kepala Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI, Mila Kencana menyebutkan, tahun ini merupakan tahun yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya dalam penyelenggaraan IEYI. “Pada tahun ini, kompetisi yang seharusnya dilaksanakan di Rusia harus dibatalkan akibat adanya pandemi COVID19,” terang Mila. Ia menjelaskan, sistem presentasi dan penjurian IEYI 2020 pun ikut berbeda. “Penjurian yang biasanya dilakukan di tempat berlangsungnya lomba, sekarang dilakukan secara daring yaitu melalui upload berkas dan video mengenai invensi yang telah dibuat,” tuturnya.

Sebagai informasi, berikut ini daftar pemenang IEYI delegasi Indonesia, tahun 2020:Jasmine Kurniawan (MAN 4 Jakarta) dan Adlina Burhanudin (Zamzam Syifa Boarding School) melalui invensi AUTICS: Autocharging Thermoelectric Solar memperoleh medali emas di kategori Green Technology.

Delegasi Indonesia peraih medali perak adalah Faustina AmeliadanImanuellenfa Tantiara (SMA Glory Regina Pacis Bogor) melalui invensi Nanoextractor, di kategori Food and Agriculture; Marcelia Sekar Ageng Perdana dan Shabrina Azadirach Putri (SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto) melalui invensi VOLTA FORK (A Soil Fork to Harvest Electricity)dan Dyfany Aurariel Syahda dan Ninis Dyah Yulianingsih (SMA 1 Kediri) melalui invensi SWAPS 1.0 (SMART WASTE PLASTIC SYSTEM) di kategori Green Technology.

Selanjutnya, medali perunggu diraih Muhammad Rasyid Albanna (SMPN 02 Pekalongan) melalui invensi SAY NO SMOKING DETECTOR di kategori Safety and Health dan Sandi Pamungkas (SMA 2 Bunguran Timur) melalui invensi Smart Chilidi kategori Food and Agriculture.


Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.
Diakses : 452    Dibagikan :