SBII Award: LIPI Dorong Industri Lakukan Inovasi Berbasis Penelitian Ilmiah

 
 
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berupaya memberikan apresiasi bagi para pelaku industri yang sukses dan menjadikan inovasi berbasis riset sebagai bagian utama strategi bisnis. Apresiasi ini terwujud dalam bentuk penghargaan LIPI Science-Based Industrial Innovation Award (LIPI SBII Award).  Penghargaan ini merupakan ajang untuk mendorong peningkatan daya saing industri nasional dengan meningkatkan kemampuan inovasi berbasis ilmu pengetahuan. Saat ini, LIPI tengah menjaring industri lokal dan mancanegara yang berbasis di Indonesia yang memiliki unit litbang dan secara intensif melakukan penelitian dasar dan terapan pada kegiatan industrinya.
 
Jakarta, 12 April 2017. Dengan jumlah penduduk yang besar dan sumber daya alam yang kaya, Indonesia menjadi magnet bagi industri luar negeri untuk memasarkan produknya. Masyarakat dengan mudah bisa menemukan produk-produk dengan teknologi terbaru di pasar lokal. Sebagai konsumen, masyarakat yang memiliki daya beli dimanjakan oleh produsen-produsen dari luar. Namun, sebaliknya, produsen-produsen lokal semakin terdesak menghadapi pesaing-pesaing yang memiliki kemampuan modal dan teknologi yang lebih tinggi. Bahkan pada beberapa sektor, perusahaan lokal sama sekali tersisih atau hanya menjadi industri pendukung yang nilai tambahnya kecil.
 
Kondisi persaingan bisnis saat ini, baik lokal maupun internasional menuntut setiap perusahaan mempunyai kemampuan berinovasi tinggi agar bisa bertahan. Di Indonesia, kebanyakan inovasi dilakukan pada pengemasan (packaging), desain produk, ataupun cara pemasaran. Sementara itu, inovasi dari pengembangan hasil riset atau penelitian lokal masih jarang dilakukan. “Melalui pemberian SBII Award, LIPI sebagai lembaga riset ingin menunjukkan pada industri dan masyarakat luas tentang pentingnya inovasi berbasis penelitian ilmiah sebagai dasar utama peningkatan daya saing nasional,” ujar Kepala LIPI, Iskandar Zulkarnain.
 
Iskandar menuturkan, pemberian Award ini nantinya diharapkan dapat mendorong peningkatan inovasi berbasis ilmu pengetahuan di industri nasional. “LIPI berusaha memberikan masukkan kepada pemerintah bahwa sejumlah perusahaan perlu mendapat dukungan karena telah serius melakukan riset dan mengupayakan sinergi antara industri dan lembaga penelitian,” sambungnya. Industri merupakan garda depan dari sistem inovasi nasional, imbuh Iskandar.
 
Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian Perkembangan Iptek (Pappiptek) LIPI Trina Fizzanty menambahkan, anugerah penghargaan nantinya akan diberikan untuk dua kategori. “Pertama yaitu kategori Life Science, yang meliputi perusahaan-perusahaan yang berasal dari sektor farmasi, bioteknologi, biologi, kosmetika, agro-industri dan lain-lain, dan kedua kategori Physical Science, yang meliputi perusahaan-perusahaan yang berasal dari sektor kimia, mikroelektronika, elektronika, energi, telekomunikasi, transportasi, mesin dan peralatan, besi dan baja, dan sebagainya,” ungkapnya.
 
Penyelenggaraan LIPI SBII Award Tahun 2017 merupakan penyelenggaraan ketiga sejak pertama kali diberikan tahun 2013 dengan pemenang PT. Kalbe Farma, Tbk untuk kategori Life Science dan PT. Inter Aneka Lestari Kimia untuk kategori Physical Science. Sedangkan pada LIPI SBII Award kedua tahun 2015, pemenangnya adalah PT. Caprifarmindo Laboratories untuk kategori Life Science dan PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang untuk kategori Physical Science.  Penganugerahan Award tahun 2017 akan dilaksanakan pada bulan Oktober nanti. Sebagai informasi, Kick Off  LIPI SBII Award akan digelar pada Rabu, 12 April 2017 pukul 09.00 WIB-selesai di Ruang Seminar Widya Graha LIPI lt. 1, Jl. Gatot Subroto 10, Jakarta Selatan.
 
Keterangan Lebih Lanjut:
- Trina Fizzanty (Kepala Pusat Penelitian dan Perkembangan Iptek LIPI)
- Nur Tri Aries Suestiningtyas (Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI)

Penulis: pappiptek, msa
editor: isr

Siaran pers ini disiapkan oleh Humas LIPI

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Trina Fizzanty
Diakses : 1023    Dibagikan :