Adaptasi Hidup di Era Kenormalan Baru: Perspektif dari Tiongkok

 
 
Pandemi Covid-19telah membawa kehidupan global ke dalam suatu masa baru yang disebut “New Normal”. Fase ini dapat diterapkan secara berbeda oleh tiap negara berdasarkan kebijakan dan karakteristik masing-masing negara. Merespon hal tersebut, LIPI akan mengadakan Webinar “Ambassador Talks with Scientist:Life in the Time of New Normalbersama Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, H.E. Xiao Qian pada Senin, 24 Agustus 2020 melalui Zoom Webinar dan live streamingdi kanal Youtube LIPI.
 
Jakarta, 23 Agustus 2020. Berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, Indonesia harus tetap menjaga produktivitas namun tetap aman dari Covid-19. Terkait hal ini, LIPI menerapkan kebijakan normal barudi lingkungan kerja dengan 20% pegawai bekerja dari kantor secara terjadwal.

Kebijakan ini mengacu pada Surat Edaran Menteri
PANRB Nomor 58 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Tatanan Normal Baru. “Sampai vaksin ditemukan dan imunisasi massal dilakukan, adaptasi masyarakat dengan Covid-19 harus melalui mitigasi yang terkontrol dan terukur dengan berbasis data,ujar Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko.

Protokol kesehatan di era tidak menghambat semangat LIPI untuk terus mengembangkan riset dan inovasi untuk percepatan penanganan pandemiCovid-19 di Indonesia. “Berbagai riset terus kami lakukan, sebagai contoh: uji klinis herbal sebagai immunomodulator, pengembangan deteksi dengan metode RT-LAMP atau reverse transcription loop-mediated isothermal amplification, alat terapi oksigen beraliran tinggi, serta Autonomus UVC Mobile Robot, dan masih banyak lainnya,tutup Handoko.

Pelaksanaan Webinar Ambassador Talk with Scientistini bertujuan untuk membangun pemahaman publik terkait kebijakan politik luar negeri yang berkaitan dengan adaptasi kebiasaan baruterutama. Juga menjadi wadah untuk berbagai pengetahuan mengenai pengalaman Tiongkok dalam penangananpandemi Covid -19. Webinar akan dipandu oleh Dr. Ratih Asmara Ningrum, dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Laksana Tri Handoko M.Sc.
Diakses : 772    Dibagikan :