Dekatkan Hasil Penelitian ke Daerah, LIPI Jalin Kerjasama dengan Pemkab Malang

 
 
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) senantiasa berupaya agar hasil-hasil penelitiannya bisa terhilirisasi dengan baik kepada para stakeholders dan masyarakat umum, khususnya di daerah. Langkahnya adalah dengan mendekatkan hasil-hasil penelitian ke berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya dengan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Dan, penandatanganan Nota Kesepahaman ini berlangsung di sela-sela Rapat Kerja Wakil Kepala dan Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI Tahun 2017 di Malang, Jawa Timur.
 
Malang, 15 Maret 2017. LIPI memiliki beragam hasil-hasil penelitian dalam berbagai bidang mulai dari bidang jasa ilmiah, kebumian, hayati, teknik hingga sosial. Beragam hasil penelitian ini pun terus dipacu agar terdayagunakan bagi para stakeholders. Selain  itu, setiap hasil penelitian juga didorong agar terdaftar ke dalam Kekayaan Intelektual, salah satunya paten. “Dengan paten, maka langkah agar terimplementasikan ke dalam industri bisa lebih mudah lewat komersialisasi,” ungkap Wakil Kepala LIPI, Bambang Subiyanto.
 
Untuk diketahui, jumlah paten LIPI saat ini merupakan yang terbesar di Indonesia yaitu sekitar 513 paten (ulasan lebih detil di http://lipi.go.id/berita/Inilah-Penghasil-Produktivitas-Paten-Tertinggi-di-Indonesia/17739). Dengan jumlah yang terbilang besar, LIPI pun tetap mendorong para penelitinya berkinerja lebih baik lagi dan menambah capaian yang telah ada. “Kami ingin kehadiran LIPI di usia 50 tahun pada tahun ini dan ke depannya dapat memberikan dampak yang Besar, Signifikan, dan Nyata,” tekannya.
 
Di sisi lain, Bambang menyinggung pula soal kerjasama dengan Pemkab Malang, kerjasama tersebut diharapkan memberikan transfer teknologi dan pengetahuan dari LIPI ke pihak stakeholder di daerah ini. Sehingga, hasil-hasil penelitian LIPI bisa dirasakan manfaatnya secara nyata. “LIPI dan Pemkab Malang pun diharapkan bisa saling mengambil manfaat dari implementasi kerjasama ini,” sambungnya.
 
Apalagi, potensi Kabupaten Malang terbilang cukup besar. Hal ini merujuk pada hasil audiensi antara pihak LIPI dengan Pemkab Malang yang dilakukan pada 14 Maret 2017. Hasil audiensi tersebut pada intinya adalah teknologi LIPI bisa bermanfaat dalam mengeksplorasi tanaman lokal agar terdayagunakan manfaatnya secara maksimal, bahkan hingga komersial. Kemudian dalam kerjasama yang terjalin antara kedua pihak, Pemkab Malang pun siap menyediakan lahan untuk kebutuhan penelitian dan LIPI siap untuk mengaplikasikan teknologinya.
 
Sementara itu terkait Rapat Kerja Wakil Kepala dan Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Bambang berharap rapat kerja ini memantapkan gerak langkah dalam mendukung program pengembangan iptek guna meningkatkan daya saing nasional dan daerah. Hal tersebut sejalan dengan tema rapat kerja yakni Re-design Program, Branding dan SDM Dalam Rangka Peningkatan Peran LIPI pada Daya Saing Bangsa.
 
Plt. Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Mego Pinandito menyambung bahwa rapat kerja kali ini mengupas berbagai program dan hasil penelitian LIPI yang berkontribusi signifikan bagi masyarakat. Setiap hasil penelitian diupayakan mendorong kesejahteraan masyarakat. “Langkah nyatanya adalah kami mengundang stakeholders yang ada di Kabupaten Malang sebagai bentuk keseriusan dalam meningkatkan daya saing daerah melalui penerapan iptek kepada masyarakat,” tutupnya.
 
Sebagai informasi, rapat kerja kali ini menghadirkan pula Bupati Malang dan jajarannya sebagai tamu undangan dan narasumber yang memaparkan tentang potensi Kabupaten Malang dan peluang kerjasama antara Pemkab Malang dengan LIPI. Pelaksanaan rapat kerja tersebut berbeda dari tahun sebelumnya karena melibatkan satuan kerja di lingkungan Wakil Kepala dan Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI. Jumlah peserta rapat kerja sekitar 150 orang termasuk dengan para stakeholders yang diundang. Pelaksanaan rapat kerja pada 15-17 Maret 2017 di Hotel Santika Malang, Jl. Let.Jend. Sutoyo No.79, Malang, Jawa Timur.
 
Keterangan Lebih Lanjut:
- Prof. Dr. Bambang Subiyanto (Wakil Kepala LIPI)
- Dr. Mego Pinandito (Plt. Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI)
- Nur Tri Aries Suestiningtyas (Kepala Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI)

Penulis: Pusinov, pwd
Editor: nta

Siaran Pers ini disiapkan oleh Humas LIPI

 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof.Dr.Ir. Bambang Subiyanto M.Agr.
Diakses : 526    Dibagikan :