Evaluasi Kinerja Laboratorium, LIPI Lakukan Uji Profisiensi

 
 
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Metrologi sebagai lembaga metrologi nasional di Indonesia melaksanakan fungsi pengelola standar pengukuran tingkat tertinggi di Indonesia untuk tujuh lingkup metrologi fisik dan satu lingkup metrologi kimia, salah satunya dengan melakukan uji profisiensi. Uji profisiensi sendiri merupakan bagian untuk mengevaluasi kinerja laboratorium pengujian untuk memenuhi kriteria yang telah ditetapkan sesuai persyaratan standar ISO yang ditetapkan Komite Akreditasi Nasional (KAN) serta meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap hasil pengujian yang dilakukan. Tahun ini, LIPI melakukan uji profisiensi untuk dua bahan uji, yaitu Air Bersih untuk Minum (ABM17) dan larutan Daya Hantar Listrik (DHL17).
 
Tangerang Selatan, 25 Juli 2017. Pusat Penelitian Metrologi-LIPI telah terakreditasi oleh KAN sebagai laboratorium penyelenggara uji profisiensi dengan nomor akreditasi  PUP-011-IDN. “Program uji profisiensi ini merupakan upaya untuk mendiseminasikan nilai benar dan tertelusur (metrologicaly traceable value), dan akan digunakan nilai acuan (reference value) untuk menilai akurasi hasil uji laboratorium peserta,” ujar Plt. Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Mego Pinandito.

Dikatakan Mego, manfaat keikutsertaan di uji profisiensi yaitu membantu laboratorium untuk mendeteksi adanya penyimpangan dalam pengujian baik metode, peralatan dan pelaksanaan pengujian, serta menemukan penyebab dan cara perbaikannya. “Ini merupakan sarana jaminan mutu hasil pengujian,” imbuh Mego.

Sebagai informasi, tahun ini terdapat 94 laboratorium yang mengikuti uji profisiensi di mana 10 di antaranya adalah laboratorium penguji Myanmar. “Ini juga sebagai bahan masukan bagi KAN untuk memantau kinerja dan kompetensi teknis laboratorium, serta sebagai bahan pertimbangan dalam pemberian akreditasi,” pungkas Mego.

Keterangan Lebih Lanjut:
- Mego Pinandito (Plt. Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI)
- Isrard (Kepala Bagian Humas, Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI)


Sumber: Pusat Penelitian Metrologi
Penulis: msa
Editor: isr

Siaran pers ini disiapkan oleh Humas LIPI
 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Mego Pinandito M.Eng.
Diakses : 488    Dibagikan :