Komisi VII DPR RI Kunjungi Biovillage dan Tekno Park LIPI di Kawasan Cibinong

 
 
Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke kawasan LIPI di Cibinong Science Center-Botanical Garden (CSC-BG) Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada 28 Februari 2018. Kunker ini dimaksudkan untuk meninjau hasil penelitian LIPI terkait pertanian dan kehutanan di kawasan tersebut. Tema kunker ini adalah “Pengembangan Bibit Unggulan Tanaman Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan dalam rangka Memperkuat Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor”.
 
Jakarta, 28 Februari 2018. Kunker Komisi VII DPR RI ke LIPI kawasan Cibinong kali ini melibatkan dua orang anggota komisi tersebut. Mereka adalah Nawafie Saleh dan Ivan Doly Gultom. Kunker tersebut juga merupakan kelanjutan kegiatan diseminasi hasil penelitian LIPI yang telah dilaksanakan sebelumnya.
 
Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati mengharapkan, kunker ini mampu menyebarluaskan dan mendekatkan hasil penelitian LIPI kepada para pemangku kepentingan, terutama para anggota DPR. “Selain itu, kami mengharapkan melalui kegiatan ini mampu lebih meningkatkan kemitraan strategis antara LIPI dengan DPR,” ujarnya.
 
Enny pun mengingatkan akan pentingnya peran sains yang belum dipahami oleh semua unsur masyarakat. “Peran sains belum dipahami semua kalangan padahal bila berkaca dari negara-negara maju, maka suatu negara akan bisa maju jika punya kebijakan sains yang kuat,” jelasnya.
 
Dia menambahkan, aplikasi sains dapat membantu penyelesaian permasalahan nasional dan meningkatkan daya saing bangsa. Mengambil contoh, program diseminasi iptek yang dijalankan LIPI diharapkan mampu memberikan pengetahuan sekaligus implementasi hasil riset ke masyarakat. Utamanya bagi masyarakat petani di wilayah pedesaan dan juga wilayah yang belum maju.
 
Terkait kunker kali ini, Enny berharap lagi agar para anggota DPR dapat mencermati berbagai hasil penelitian dan membantu dalam penerapannya ke masyarakat dalam hal mendorong kebijakan dari pemerintah. LIPI sendiri memiliki beragam hasil penelitian dari sektor hayati, kebumian, teknik, kebumian (kelautan), hingga jasa ilmiah.
 
Sekedar diketahui, kegiatan kunker Komisi VII DPR RI ini merupakan bagian dari reses masa persidangan III Tahun 2017. Dalam kegiatan tersebut, dilakukan visitasi fasilitas penelitian LIPI, kunjungan lapangan ke Biovillage dan Taman Tekno (Tekno Park) yang dimiliki oleh LIPI.
 
 
Keterangan Lebih Lanjut:
  • Enny Sudarmonowati (Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI)
  • Nur Tri Aries Suestiningtyas (Kepala Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI)

Sumber: BKHH
Penulis: pwd
Editor: dig

Siaran pers ini disiapkan oleh Humas LIPI


 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati
Diakses : 332    Dibagikan :