LIPI Anugerahkan LIPI Sarwono Award dan Gelar SML Tahun 2017

 
 
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) genap berusia 50 tahun pada 23 Agustus 2017. Untuk memperingati usia emas ini, LIPI menggelar perhelatan akbar sebagai puncak peringatan yakni penganugerahan LIPI Sarwono Award dan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture (SML) Tahun 2017. Penerima anugerah LIPI Sarwono Award pada tahun ini adalah Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA, CBE yang merupakan Guru Besar Sejarah dan Peradaban Islam, Fakultas Adab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sementara untuk penyelenggaraan SML kali ini memberikan tempat terhormat bagi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Prof. Dr. Bambang P. Soemantri Brodjonegoro untuk memberikan orasi ilmiah. Orasi ilmiah yang disampaikan berjudul Arah Kebijakan Pembangunan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa”.
 
Jakarta, 23 Agustus 2017. Pemberian anugerah LIPI Sarwono Award dan perhelatan SML merupakan kegiatan tahunan LIPI untuk memperingati ulang tahun dan juga bentuk penghormatan atas jasa almarhum Sarwono Prawirohardjo sebagai Bapak Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sekaligus Kepala LIPI yang pertama. “Kegiatan tersebut dilaksanakan atas pertimbangan bahwa LIPI sebagai lembaga keilmuan terbesar sudah seharusnya menyelenggarakan kegiatan keilmuan yang cerdas dan bergengsi dalam merayakan ulang tahunnya. Perwujudannya dengan memberi anugerah dan juga tempat terhormat untuk orasi ilmiah bagi para sosok ilmuwan yang telah mempunyai reputasi nasional dan internasional, serta kontribusinya yang besar untuk pengembangan ilmu pengetahuan,” ungkap Plt. Kepala LIPI, Bambang Subiyanto.
 
Dikatakan Bambang lebih lanjut bahwa penganugerahan LIPI Sarwono Award merupakan penghargaan kepada perorangan yang telah menunjukkan prestasi luar biasa dalam ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan kemanusiaan. “Apresiasi tinggi sangat patut diberikan kepada tokoh atau ilmuwan yang telah berjasa memajukan ilmu pengetahuan dan mengabdikan hidupnya untuk kemajuan sains,” terangnya. Kemudian, penyelenggaraan SML memberi tempat terhormat bagi para tokoh, ilmuwan atau pakar Indonesia yang telah banyak memberikan inspirasi dan pemikirannya dalam pengembangan ilmu pengetahuan, baik di tingkat nasional maupun internasional.
 
Untuk diketahui, Azyumardi Azra sebagai penerima LIPI Sarwono Award dikenal sebagai seorang cendekiawan muslim. Azyumardi, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta periode 1998 hingga 2006 ini pernah mendapatkan gelar the Commander of the Order of British Empire, sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Dia juga telah banyak memperoleh penghargaan atas kontribusi yang luar biasa bagi hasil penelitian di Indonesia. “Dedikasi dan konsistensi beliau dalam mengembangkan ilmu pengetahuan sejarah dan peradaban islam di Indonesia, yang membuatnya layak memperoleh apresiasi dari LIPI,” tekan Kepala LIPI.
 
Sementara untuk pemberi orasi ilmiah SML, sosok Bambang P. Soemantri Brodjonegoro tentu sudah tidak asing lagi. Dalam karirnya, dia pernah menjabat Wakil Menteri Keuangan RI pada Kabinet Indonesia Bersatu II. Kemudian, dia juga dikenal sebagai akademisi hingga pemerintahan. Kepakarannya dalam bidang ekonomi pembangunan, khususnya wilayah perkotaan membuat banyak perusahaan dan lembaga memberi kepercayaan untuk duduk sebagai dewan komisionaris dan atau konsultan independen. Saat ini, Bambang Brodjonegoro menjabat sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas.
 
 
Keterangan Lebih Lanjut:
- Nur Tri Aries Suestiningtyas (Kepala Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI)
- Isrard (Kepala Bagian Humas - Biro Kerja sama, Hukum dan Humas LIPI)


Sumber: BKHH
Penulis: dnh,pwd
Editor: isr


Siaran pers ini disiapkan oleh Humas LIPI

 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Rr Nur Tri Aries Suestiningtyas S.IP., M.A.
Diakses : 554    Dibagikan :