LIPI Gelar Bioresources Science Week Fair

 
 
Masih dalam rangka memperingati ulang tahun ke-50 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI menggelar Bioresources Science Week Fair (BSWF). BSWF ini berisi beragam kegiatan, antara lain Symposium, Workshop, Science Exhibition, Science in Touch, Student Science Council, dan Open House. Rangkaian kegiatan tersebut diselenggarakan pada 4 - 9 September 2017. Pembukaan kegiatan ini berlangsung di Gedung Diseminasi Pusat Penelitian Biologi LIPI, kawasan Cibinong Science Center-Botanical Gardens (CSC-BG), Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Senin (4/9).
 
Kabupaten Bogor, 4 September 2017. BSWF merupakan ajang bertemunya peneliti dari kalangan akademisi, industri, perusahaan, ilmuwan, pelajar, aktivis lingkungan dan organisasi lingkungan untuk mendorong kolaborasi bersama. Kolaborasi ini mencakup bidang konservasi dan pemanfaatan keragaman bioresources (sumber daya hayati) untuk pangan, kesehatan, energi dan lingkungan. “Selain itu, juga menyediakan platform interdisipliner utama bagi peneliti, praktisi dan pendidik untuk mempresentasikan dan mendiskusikan inovasi terbaru yang dapat diterapkan di bidang bioresources dan ekologi,” kata Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto.
              
Dia melanjutkan, BSWF juga sebagai ajang untuk mempromosikan kerja sama penelitian antar peneliti dan memperkuat jejaring nasional serta internasional seluruh pusat penelitian di bawah Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI. Selain itu, kegiatan ini juga ajang mendiseminasikan hasil penelitian LIPI kepada masyarakat.
 
Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI, Enny Sudarmonowati menjelaskan, kegiatan kali ini diikuti oleh seluruh satuan kerja di bawah Kedeputian Ilmu Pengetahuan Hayati. Satuan kerja itu, antara lain Pusat Penelitian Bioteknologi, Pusat Penelitian Biologi, Pusat Penelitian Biomaterial, Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya yang diikuti satuan kerja di bawahnya seperti Balai Konservasi Tumbuhan (BKT) Kebun Raya Cibodas, BKT Kebun Raya Purwodadi, dan BKT Kebun Raya “Eka Karya” Bali. 
 
Adapun kegiatan BSWF tersebut diisi dengan beberapa kegiatan utama, di antaranya Science in Touch yang merupakan kegiatan pameran interaktif dimana pengunjung dapat memiliki pengalaman memanfaatkan hasil-hasil penelitian dan mencoba menerapkan teknologi penelitian terkait. Kemudian, ada Student Science Council yang merupakan kegiatan untuk membentuk Bioresources Community yang aktif dalam kegiatan bertema Bioresources for Better Life.
 
Ada pula Stakeholder Exhibition yang merupakan pameran produk/teknologi berbasis penggunaan bioresources oleh stakeholder yang belum dan sudah bekerja sama dengan satuan kerja di Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI. Kegiatan ini juga dapat menjadi ajang inisiasi kerja sama antara peneliti dengan stakeholder. Beberapa stakeholder yang telah bekerja sama dengan LIPI, di antaranya Biofarma, IL3, Merck, L’Oreal, dan Martina Berto.
 
Selain itu, BSWF juga diisi dengan Open House yang merupakan program di bawah koordinasi Bidang Pengelolaan dan Diseminasi Hasil Penelitian (PDHP) masing-masing satuan kerja Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI. Kegiatan open house ini meliputi pameran laboratorium atau unit penelitian di luar laboratorium. Pengunjung dapat melihat aktivitas dan juga diskusi ringan, mini laboratorium, dan demonstrasi penelitian. Khusus kegiatan tersebut, diselenggarakan di masing-masing satuan kerja.
 
Sebagai informasi, pembukaan BSWF sendiri melepas 50 Kupu-kupu sebagai simbol memperingati ulang tahun ke-50 LIPI. Pembukaan kegiatan tersebut dilakukan oleh Pelaksana Tugas Kepala LIPI.
 
Keterangan Lebih Lanjut:
- Enny Sudarmonowati (Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI)
- Isrard (Kepala Bagian Humas - Biro Kerja sama, Hukum dan Humas LIPI)
 
Note/Undangan:
  • Siaran Pers ini sekaligus UNDANGAN bagi rekan media untuk menghadiri pembukaan kegiatan Bioresources Science Week Fair yang diselenggarakan pada Senin, 4 September 2017 bertempat di Gedung Diseminasi Pusat Penelitian Biologi LIPI, Kawasan CSC-BG, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.
  • Bagi rekan media dari Jakarta, bisa berkumpul dan berangkat bersama-sama dari Kantor Humas LIPI, Gd. SWS Lt.5, Jl. Gatot Subroto Kav. 10, Jakarta pada pukul 07.00 WIB.

Sumber: Kedeputian Bidang IPH
Penulis: dnh
Editor: pwd,isr

Siaran pers ini disiapkan oleh Humas LIPI

 

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Enny Sudarmonowati
Diakses : 565    Dibagikan :