LIPI Selenggarakan Lomba Inovasi TTG Tingkat Nasional

 
 
Jakarta, 20 Agustus 2007. Dalam rangka menyongsong HUT 40 Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia LIPI, Balai Besar Pengembangan Teknologi Tepat Guna (B2PTTG) LIPI Subang menyelenggarakan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional untuk siswa setingkat SMTP. Dewan juri telah memilih 10 finalis lomba untuk mempresentasikan karyanya pada hari Selasa, 21 Agustus 2007 pukul 08.00 WIB di B2PTTG Subang.

Kepala B2PTTG LIPI, Ir. Akhmadi Abbas, M.Eng. Sc., menyatakan Lomba Inovasi TTG 2007 merupakan wadah bagi pengembangan kreativitas siswa-siswi SMTP dalam bidang teknologi tepat guna. Kita ingin memperkenalkan, memperkaya, dan mempertajam pemahaman siswa terhadap penerapan teknologi tepat guna dalam kehidupan sehari-hari, jelasnya.

Menurutnya dengan menjalani proses penciptaan sampai perwujudan kreasi menjadi bentuk karya yang mempunyai nilai manfaat bagi kehidupan sehari-hari, siswa-siswi dapat meningkatkan daya pikir kritis dan analitis. Kita juga ingin melatih kepekaan siswa dalam memanfaatkan sumberdaya alam di sekitarnya secara optimal dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan, dalam bentuk produk TTG, tambahnya.

Lomba ini diikuti oleh Siswa Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMTP) dan sederajat, baik perorangan maupun kelompok. Cakupan bidang yang dilombakan adalah Perancangan / Inovasi, Peralatan Teknologi Tepat Guna, Teknologi Pengolahan Pangan, Elektronika dan Lingkungan yang mencakup Penyediaan Air Bersih dan Pemanfaatan Limbah.

Proses penjurian awal telah dilaksanakan pada hari Senin, 23 Juli 2007 sampai dengan hari Jumat 27 Juli 2007 di kampus B2PTTG LIPI Subang, Jawa Barat, dengan menyeleksi 113 makalah dari 65 Sekolah di 16 Propinsi di Indonesia. Hasil dari penyeleksian tersebut didapat 10 Finalis diantaranya dari: SMPN 15 Yogyakarta, SMP Yos Sudarso Subang, SMPN 2 Denpasar, SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta, SMPN 5 Langsa NAD, SMPN 4 Sumedang, MTsN Subang, SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta, SMPN 5 dan SMPN 2 Semarang. Pemenang I, II, & III akan mendapat hadiah berupa piala dan uang pembinaan masing-masing sebesar 5, 4, & 3 juta rupiah dari LIPI. Sedangkan peringkat 4 s.d. 10 mendapat hadiah berupa printer dan hadiah hiburan lainnya.

Dalam rangkaian acara menuju International Exhibition for Young Inventor (IEYI) ke-4 akhir November 2007 nanti di Yogyakarta, para pemenang akan diikutsertakan dalam acara IEYI tersebut. Selain itu, juara I dan II akan ikut serta dalam Gelar TTG Tingkat Nasional ke XI di Manado, Sulawesi Utara.

Keterangan lebih lanjut hub:

Heni Rosmawati M.Si Humas LIPI (08161932151)
Ir. Akhmadi Abbas, M.Eng, Sc Kepala B2PTTG ( 08112347595)

Diakses : 1125    Dibagikan : 0