LIPI Selenggarakan Seminar Radar Nasional

 
 
Jakarta, 17 April 2007. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menyelenggarakan Seminar Radar Nasional. Seminar yang merupakan hasil kerjasama LIPI dengan International Research Centre for Telecomunications and Radar (IRCTR) TU Delft akan diselenggarakan selama dua hari, Rabu Kamis, 17-18 April 2007 di Widya Graha LIPI lantai 1, Jakarta.

Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI, Prof. Dr. Masbah R.T. Siregar menyatakan bahwa tuntutan akan kebutuhan radar di Indonesia sekarang ini tidak bisa ditunda lagi. Radar sangat penting, karena tidak saja menyangkut ketahanan namun juga keselamatan, paparnya. Banyak problem nasional yang terkait dengan aplikasi radar seperti keselamatan transportasi laut, udara serta cuaca, jelasnya.

Sayangnya Indonesia selama ini hanya membeli radar jadi saja, tidak mencoba untuk mengembangkan atau membuat sendiri. Padahal secara teknologi peneliti-peneliti kita mampu untuk mengembangkan radar, karena kita punya pengetahuan dasar untuk mengembangkan radar, tambahnya.

Yang tidak boleh dilupakan dalam membuat radar menurutnya adalah publik komponen, yaitu komponennya harus bisa dibeli di pasar secara bebas, tidak di embargo. Jangan sampai kita bisa buat radar tapi kita tidak bisa beli komponennya karena embargo, tegasnya.

Sebagai tahap awal seminar radar nasional ini merupakan satu upaya nyata untuk menghimpun semua kekuatan dalam mengembangkan radar nasional. Seminar selain mendatangkan pakar radar dari luar negeri seperti Prof. Ligthart dari IRCTR-Delft, juga akan dihadiri oleh para penentu kebijakan yaitu TNI AU, Balitbang Hankam, BPPT, ITB, katanya.

Harapannya, dengan mengetahui dan menghimpun semua kemampuan dalam mengembangkan radar, kita bisa mengukur kemampuan sekaligus menyusun strategi nasional apa yang perlu kita lakukan ke depan. Kalau nanti kita sudah mampu untuk membuat, perlu komitmen pemerintah untuk mengatur kebijakan terkait dengan kemandirian teknologi radar nasional, tuturnya.

Keterangan lebih lanjut:

Prof. Dr. Masbah Siregar, Deputi IPT - LIPI (08157128605)
Heni Rosmawati, M.Si Humas LIPI (08161932151)

Diakses : 317    Dibagikan : 0