LIPI Selenggarakan Seminar Research Grant

 
 
Jakarta, 30 Juli 2007. Dalam rangka mendorong peneliti Indonesia untuk bersaing di dunia penelitian internasional, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan menyelenggarakan Seminar Optimalization of International Research Grant and Research Collaboration for Researchers: Opportunities and Challenges . Seminar akan berlangsung pada hari Rabu tanggal 1 Agustus 2007 di Ruang Seminar Besar Lt.1, Widya Graha LIPI, Jl. Jendral Gatot Subroto No.10 Jakarta Selatan.

Kepala LIPI Prof. Dr. Umar Anggara Jenie menyatakan LIPI terdorong untuk mempercepat proses internasionalisasi iptek melalui beragam kerjasama ilmiah. Hal ini didasari oleh ketatnya persaingan di area Iptek, minimnya dana penelitian di Indonesia, serta kurangnya sumber daya peneliti muda potensial, tegasnya.

Menurutnya dengan seminar ini LIPI ingin mendorong peneliti Indonesia agar mampu menyerap informasi tentang strategi untuk mendapatkan hibah. Harapannya peluang bagi peneliti Indonesia untuk go international melalui kontribusi dalam bidang penelitian ilmiah dapat lebih besar, jelasnya.

Salah satu cara cara yang paling mungkin dilakukan menurutnya adalah mengoptimalisasikan hibah-hibah penelitian internasional (research grant). Namun faktanya selama ini, prosedur untuk mendapatkan research grant belum tersosialisasi dengan baik kepada seluruh peneliti Indonesia, sehingga banyak ditemukan proposal yang masuk pada lembaga donor dianggap tidak memenuhi standar kualifikasi atau kurang fokus, tambahnya.

Seminar Research Grant ini akan dihadiri oleh pembicara dari beberapa lembaga donor Internasional antara lain International Development Research Centre (IDRC), Australian Embassy Jakarta, European Union, Deutscher Akademischer Austausch Dienst (DAAD), German Academic Exchange Service, dan lain-lain. Pesertanya selain para peneliti LIPI juga Universitas, NGO, Lembaga Pemerintah Non Departemen, dan Litbang-litbang lainnya.

Keterangan lebih lanjut:

Nur Tri Aries, MA Kabag Kerjasama LIPI (0811973569)
Heni Rosmawati, M.Si Humas LIPI ( 08161932151)

Diakses : 495    Dibagikan : 0