Peran Penting Metrologi untuk Tingkatkan Pengukuran Kualitas Air

 
 
Pengujian kualitas air penting untuk mengidentifikasi masalah pencemaran yang terjadi, memastikan bahwa air dapat digunakan sesuai tujuannya, memastikan bahwa air yang akan dikonsumsi aman, dan mengevaluasi keefektifan sistem pengolahan air. Dari sini, peran metrologi baik fisika maupun kimia tentu strategis terutama memastikan kualitas air layak dan baik untuk kehidupan masyarakat. Di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), peran metrologi ini diemban oleh Pusat Penelitian Metrologi. Satuan kerja LIPI tersebut mengembangkan teknik/metode pengukuran serta ketertelusuran yang diperlukan untuk penentuan kualitas air, keseimbangan neraca air serta mengembangkan metode untuk pemantauan dan peningkatan kualitas air.
 
Bogor, 19 September 2017. Dengan peran penting dari Pusat Penelitian Metrologi LIPI di bidang peningkatan sumber daya air, maka satuan kerja LIPI ini pun menjadi focal point Asia Pasific Metrology Programme (APMP) Focus Group on Metrology for Clean Water. APMP merupakan forum kerja sama regional antar lembaga metrologi nasional (LMN) suatu negara di kawasan Asia Pasifik dalam meningkatkan kemampuan metrologi regional melalui berbagi keahlian dan pertukaran layanan teknis antar laboratorium para negara anggota. APMP merupakan organisasi metrologi regional yang diakui oleh Komite Internasional Takaran dan Satuan (International Committee for Weights and Measures (CIPM)) untuk tujuan pengakuan bersama di seluruh dunia mengenai standar pengukuran dan sertifikat kalibrasi dan pengukuran.
 
Sebagai focal point APMP, maka Pusat Penelitian Metrologi LIPI memahami arti penting air bagi kehidupan dan berupaya memberikan solusi terhadap permasalahan air bersih di kawasan Asia Pasifik. Untuk membahas dan juga mencari pemecahan permasalahan air khususnya bidang metrologi dan aspek yang mendukung lainnya, satuan kerja ini menyelenggarakan Simposium Internasional, Workshop dan Focus Group Meeting dengan tema “Quality Water for Quality Life” yang berlangsung pada 19-20 September 2017 di Sentul, Bogor, Jawa Barat.
 
Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto mengungkapkan, tujuan kegiatan ini adalah mempertemukan para stakeholder dan pemangku kebijakan di Indonesia untuk memberikan masukan yang penting dalam mengidentifikasi permasalahan yang ada, hal-hal yang telah dilakukan dan yang belum dilakukan. “Sehingga, kami ke depan bersama-sama dengan instansi terkait dapat menetapkan strategi dan solusi guna percepatan tercapainya akses air bersih terstandar bagi seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.
 
Mego Pinandito, Kepala Pusat Penelitian Metrologi LIPI mengimbuhkan, kegiatan simposium internasional, workshop dan focus group meeting kali ini juga membahas isu terkini ketersediaan air bersih dan peta kebutuhan kemampuan metrologi dalam rangka memberikan jaminan kebenaran pengukuran kualitas air di kawasan Asia Pasifik. Kegiatan itu dihadiri oleh tujuh negara delegasi APMP yakni Korea Selatan, Singapura, Tiongkok, Malaysia, Filipina, Bangladesh, dan Indonesia. Selain itu, ada para pemangku kepentingan lainnya yang berasal dari 90 laboratorium penguji, dan instansi pemerintah yang terkait di seluruh Indonesia.
 
Khusus bagi simposium internasional, kegiatan tersebut menghadirkan pembicara, antara lain Ulrich Borchers (perwakilan Physikalisch-Technische Bundesanstalt (PTB), Jerman), Ma Liandi (Ketua Technical Committee for Amount of Substance (TCQM) di APMP), Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dan para pakar dari LIPI. Adapun topik yang dibahas dalam simposium berupa sharing knowledge mengenai pengelolaan air bersih di Jerman, peran metrologi dalam air bersih, permasalahan yang dihadapi Indonesia terkait air bersih, dan kontribusi LIPI dalam penyediaan air bersih.
 
Keterangan Lebih Lanjut:
- Mego Pinandito (Kepala Pusat Penelitian Metrologi LIPI/Plt Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI)
- Isrard (Kepala Bagian Humas - Biro Kerja Sama, Hukum dan Humas LIPI)

Sumber: Pusat Penelitian Metrologi
Penulis: pwd
Editor: isr

Siaran pers ini disiapkan oleh Humas LIPI

 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Dr. Mego Pinandito M.Eng.
Diakses : 381    Dibagikan :