Peringati Ulang Tahun Ke-50, LIPI Gelar Science Fun Walk

 
 
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) genap berusia separuh abad pada tahun ini. Untuk menandai usia emas tersebut, LIPI pun menggelar serangkaian kegiatan untuk memperingatinya. Salah satunya adalah kegiatan jalan santai bertajuk LIPI Science Fun Walk dalam rangka memperingati ulang tahun ke-50, yang digelar di kawasan Cibinong Science Center – Botanical Garden (CSC – BG), Cibinong, Jawa Barat pada Jumat, 18 Agustus 2017.
 
Jakarta, 17 Agustus 2017. Kegiatan LIPI Science Fun Walk diikuti lebih kurang 1.000 peserta, yang terdiri dari para sivitas LIPI, stakeholders terkait, dan juga masyarakat umum. Kegiatan ini direncanakan dibuka oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir. Selain itu, akan dihadiri pula oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Wali Kota Bogor, Bupati Bogor, dan seluruh pimpinan LIPI beserta jajaran terkait lainnya.
 
Jalan santai itu menempuh jarak sekitar 600 meter. Jalur yang dilalui adalah Jalur B0 (Ecopark), Jalur B1 (POH, Jamur dan Plasma Nutfah Pisang), Jalur B2 (Lebah, Oposum Layang, dan Taman Lampu), Jalur B3 (Taman Biovillage), Jalur B4 (Tanaman Pangan, Padi, Ubi Kayu, dan Talas), Jalur B5 (Prosesing Susu), dan Jalur B6 (Hidroponik dan Sayuran Organik). (Lihat gambar di bawah ini)



Plt. Kepala LIPI, Bambang Subiyanto mengungkapkan, kegiatan jalan santai kali ini memiliki maksud dan tujuan untuk mengenalkan sekaligus membumikan pengembangan dan pemanfaatan Iptek LIPI kepada publik, khususnya di kawasan CSC – BG. “Selain itu, juga untuk meningkatkan keeratan hubungan komunikasi berbasis Iptek antara LIPI dengan kalangan masyarakat, Kementerian/Lembaga lain, serta para pemangku kepentingan lainnya,” katanya. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga untuk mempromosikan Kebun Raya Cibinong (CSC-BG) kepada masyarakat luas.
 
Dikatakan Bambang, jalan santai yang merupakan bagian dari peringatan ulang tahun ke-50 ingin memberi pesan pula kepada masyarakat bahwa ada tiga topik utama yang diangkat dalam rangkaian ulang tahun ini. Pertama, peran dan capaian LIPI dalam pengembangan Iptek (Science for Science). Kedua, kontribusi LIPI kepada masyarakat ilmiah (Science for Scientific Community). Dan ketiga, kontribusi LIPI kepada pemangku kepentingan (Science for Stakeholders).
 
Dalam kegiatan jalan santai kali ini disediakan ratusan dorprize menarik bagi para peserta. Selain jalan santai, rangkaian kegiatan ulang tahun ke-50 LIPI juga diisi dengan beragam kegiatan lainnya. Beberapa di antaranya adalah Diseminasi 200 tahun Kebun Raya Bogor, Pemberian Penghargaan Ilmu Pengetahuan dan Kuliah Umum, Pameran dan Konferensi Ilmu Pengetahuan, serta Launching Buku 50 Tahun Kiprah LIPI untuk Bangsa.
 
 
Keterangan Lebih Lanjut:
- Nur Tri Aries Suestiningtyas (Kepala Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI)
- Isrard (Kepala Bagian Humas, Biro Kerja sama, Hukum dan Humas LIPI)

Sumber: Biro Umum
Penulis: dnh
Editor: pwd

Siaran pers ini disiapkan oleh Humas LIPI
 
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Yani Ruhyani
Diakses : 513    Dibagikan :