Seminar Kerjasama Uni Eropa dan Indonesia di Bidang Penelitian dan Inovasi

 
 
Jakarta, 21 Maret 2017. Uni Eropa berserta negara anggotanya serta EURAXESS ASEAN bekerja sama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan Seminar Kerjasama Uni Eropa dan Indonesia di Bidang Penelitian dan Inovasi pada 21 Maret 2017. Seminar ini diikuti oleh sekitar 200 peneliti dan ilmuwan yang berasal dari universitas-universitas di Indonesia serta lembaga-lembaga penelitian. Seminar memberikan informasi tentang keunggulan Eropa di bidang  penelitian serta berbagai program pendanaan dan peluang kerjasama penelitian yang ditawarkan oleh Uni Eropa dan negara-negara anggotanya.

Selama ini Indonesia telah terlibat dalam berbagai kerjasama ilmiah dengan sejumlah negara Eropa, baik melalui Program Uni Eropa untuk Riset dan Inovasi yang bernama "Horizon 2020" maupun kerjasama bilateral dengan masing-masing negara anggota Uni Eropa. Seminar yang berlangsung di Institut Français Indonesia (IFI) ini juga memberikan peluang untuk meningkatkan kerjasama Uni Eropa dan Indonesia dalam penelitian dan inovasi.

Seminar ini dilaksanakan dalam rangka memperingati 60 tahun ditandatanganinya Perjanjian Roma dan 10 tahun berdirinya Dewan Riset Eropa. Dalam sambutannya, Charles-Michel Geurts, Charge d'Affaires dari Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam menyatakan, "Kemitraan antara Uni Eropa dan Indonesia semakin menguat dan kami berharap bahwa kerjasama penelitian dan inovasi dapat terus ditingkatkan".
 
Sementara itu, Kepala LIPI dalam sambutannya menyatakan bahwa kerjasama dengan Uni Eropa semakin penting karena memberikan potensi dan prospek kerjasama dalam bidang Sains, Riset dan Inovasi tidak hanya bagi institusi riset di Indonesia, tetapi juga individu yang dapat ikut serta dalam berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak Uni Eropa. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh berbagai pihak maupun stakeholders di Indonesia.
 


Tentang Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)
 
LIPI merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang memiliki visi untuk menjadi lembaga ilmu pengetahuan berkelas dunia. Dengan mendukung prioritas penelitian nasional, LIPI memiliki fokus penelitian terhadap ilmu teknik, pangan dan kesehatan, ilmu kebumian, keanekaragaman hayati dan lingkungan serta ilmu sosial dan humaniora.
 
Semua penelitian yang dilakukan oleh para peneliti LIPI telah berkontribusi signifikan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, dunia akademisi, sektor industri, instansi pemerintah dan komunitas ilmiah. Di samping melakukan aktivitas penelitian, LIPI juga melakukan pengembangan produk, otoritas rekomendasi dan pertimbangan ilmiah, serta bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk  melakukan konservasi tumbuhan melalui pembangunan kebun raya-kebun raya di daerah. Lebih lanjut, LIPI memperkuat masyarakat Indonesia  melalui kegiatan promosi iptek dan pembinaan ilmiah masyarakat.
 
Informasi lebih lanjut, dapat diakses di www.lipi.go.id
 
About EURAXESS ASEAN
 
EURAXESS –Merupakan inisiatif pan-Eropa yang unik yang memberikan informasi dan dukungan layanan untuk peneliti profesional. Didukung oleh Uni Eropa dan negara anggotanya dalam mendukung mobilitas peneliti dan pengembangan karir, serta meningkatkan kerjasama ilmiah antara Eropa dan dunia.
 
EURAXESS ASEAN menghubungkan komunitas peneliti di ASEAN dengan rekan-rekan mereka di 40 negara Eropa. Jaringan ini menyediakan informasi bagi komunitas riset ASEAN terhadap skema dana penelitian Eropa, karir penelitian dan peluang untuk kolaborasi penelitian dengan Eropa.
 
Informasi lebih lanjut:
Horizon 2020: https://ec.europa.eu/programmes/horizon2020/
European Research Council: https://erc.europa.eu/
EUROPE@60: https://europa.eu/european-union/eu60_en

 

Sumber : Biro Kerja sama, Hukum, dan Humas LIPI

Sivitas Terkait : Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnain
Diakses : 500    Dibagikan :