Peluncuran Buku Mengenang Prof. Samaun Samadikun

 
 

Jakarta, 11 Desember 2007, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia LIPI meluncurkan buku Profesor Samaun Samadikun Sang Petani Silikon Indonesia . Peluncuran buku akan diselenggarakan Selasa, 11 Desember 2007 di Ruang Seminar Widya Graha LIPI Lt. 1, Jakarta.

Prof. Dr. Aprilani Sugiharto, Ketua Tim Penyusun buku menyatakan buku ini diluncurkan untuk mengenang sosok Prof. Samaun Samadikun yang telah wafat pada tanggal 15 November 2006. Semula Ibu Roesdiningsih Samaun Samadikun hanya meminta bantuan untuk menyusun buku sederhana untuk mengenang Pak Samaun bertepatan dengan acara mengenang 100 hari wafatnya.

Namun mengingat pribadi dan karya-karya Pak Samaun yang begitu besar maka diusulkan agar buku tersebut dapat disusun secara baik dan lengkap, paparnya. Kepala LIPI menyetujui dan mendukung penuh ide tersebut dengan membentuk tim penyusun dari LIPI. Tim akhirnya menyusun ide dengan memaparkan pemikiran-pemikiran dan karya beliau yang telah dijalani selama lebih dari 40 tahun, baik di tingkat nasional, regional maupun internasional, paparnya.

Prof Samaun selain mengabdikan dirinya di Institut Teknologi Bandung (ITB) juga merupakan mantan Ketua LIPI periode 1986-1995. Beliau di kenal sebagi pribadi yang hangat, santun, sederhana serta suka menolong. Dibalik kesederhanaanya Pak Samaun memiliki prestasi, pemikiran, dan karya yang luar biasa. Banyak yang mengganggap beliau sebagai Bapak Elektronika Indonesia, tegasnya.

Prof, Dr. Umar Anggara Jenie menggambarkan Prof Samaun sebagai seorang ilmuwan pelopor dan ahli di bidang mikroelektronika. Sosoknya menjadi panutan bagi ilmuwan dan engineers Indonesia, terutama bagi mereka yang menekuni mikroelektronika tambahnya.

Buku setebal 253 halaman ini merupakan kumpulan lebih dari 40 tulisan sumbangan rekan-rekan kerja, sahabat, teman, bekas mahasiswa dan keluarga Pak Samaun. Mereka adalah orang-orang yang sang

Diakses : 438    Dibagikan : 0