Sambutan Kepala LIPI

Lembaga penelitian pertama, terbesar dan terbaik di Indonesia

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua

Revolusi industri 4.0 menghadirkan tantangan yang berat di era global saat ini. Bukti nyatanya adalah sains dan teknologi berkembang dengan cepat seiring memudarnya sekat-sekat yang menghalangi informasi. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pun harus terus beradaptasi dengan kondisi kekinian tersebut dan bertransformasi menjadi “lembaga zaman now” dengan menghadirkan hasil-hasil penelitian yang berkualitas dan bermanfaat nyata bagi masyarakat luas.

LIPI juga harus siap bekerja keras dalam meningkatkan kualitas penelitian di Indonesia. Sebab, LIPI mau tidak mau menjadi rujukan atau referensi dalam pengembangan penelitian di negeri ini. Kita harus dapat menjaga kepercayaan publik untuk menjadi lembaga yang mempunyai marwah demi meningkatkan kualitas sains dan teknologi.

Kemudian dalam menggapai hasil-hasil penelitian yang berkualitas dan kekinian, LIPI diharapkan mampu berkiprah secara global, tetapi pada saat yang sama harus mampu menjadi penyedia solusi berbasis sains dan teknologi untuk berbagai masalah di masyarakat. Dengan kata lain tugas utama adalah menjadikan LIPI sebagai lembaga riset yang mengglobal dan sekaligus memasyarakat.

Untuk mengimplementasikan tugas utama itu, maka LIPI memprioritaskan tiga program utama. Pertama, kami terus melakukan pembenahan manajemen riset di internal LIPI mengikuti norma dan standar global. Kedua, mempercepat peningkatan kapasitas dan kompetensi riset melalui peningkatan kualifikasi sumber daya manusia (SDM), perekrutan diaspora secara masif dan kolaborasi dengan mitra dari dalam dan luar negeri. Dan ketiga, meningkatkan peran LIPI sebagai penyedia infrastruktur (SDM dan perangkat keras/lunak) riset nasional, dan hub (tempat/wadah) kolaborasi untuk aktifitas kreatif berbasis iptek yang terbuka bagi semua kalangan (akademisi, mahasiswa, dan industri).

Tiga program utama tersebut juga merupakan langkah untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. LIPI ke depan akan mendorong infrastruktur riset bisa digunakan oleh semua orang. Tidak hanya orang LIPI saja, tetapi ada interaksi dengan akademisi, kampus, mahasiswa, dan industri yang lebih bagus. Intinya kalau menggunakan teknologi perlu kolaborasi untuk bisa berkompetisi. Lalu, kebaruan riset harus global dan tidak bisa dilakukan sendirian. Riset harus melibatkan banyak pihak agar hasilnya bisa optimal.

Dan akhirnya, kami berharap kolaborasi riset antara para peneliti LIPI dengan para stakeholders mampu menghasilkan hasil penelitian yang berdampak besar, signifikan, dan nyata terasa manfaatnya bagi masyarakat. Melalui website LIPI ini, kami berupaya memuat sebagian besar dari hasil-hasil penelitian dari berbagai cabang keilmuan. Kami menampilkannya sebagai bentuk pertanggungjawaban LIPI kepada para pemangku kepentingan, baik kalangan komunitas ilmuwan maupun masyarakat luas. Mudah-mudahan apa yang sudah dilakukan LIPI dapat memberikan sumbangan yang berharga bagi bangsa dan Negara.

 

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Dr. Laksana Tri Handoko, M.Sc.