Sumber Daya dan Kompetensi

Lembaga penelitian pertama, terbesar dan terbaik di Indonesia

  1. SDM peneliti yang berkualitas dengan disiplin ilmu yang beragam. Data pada bulan Desember tahun 2014, peneliti LIPI berjumlah 1.541 orang yang terdiri atas 423 peneliti pertama, 494 peneliti muda, 377 peneliti madya, dan 247 peneliti utama
  2. 45 Pusat Penelitian dan Unit Pelaksana Teknis
  3. Herbarium Bogoriense merupakan Herbarium terbesar ketiga dunia dalam referensi koleksi flora yang berdiri sejak tahun 1817 dengan lebih dari dua juta koleksi spesimen.
  4. Museum Zoologicum Bogoriense didirikan tahun 1884 dan merupakan 10 terbesar dunia dalam referensi koleksi spesimen fauna dengan lebih dari dua juta specimen hewan .
  5. Indonesian Culture Collection (InaCC) merupakan pusat depositori mikroba berstandar internasional satu-satunya di Indonesia.
  6. Empat Kebun Raya (KR), yaitu KR Bogor, KR Cibodas, KR Bali, dan KR Purwodadi sebagai pusat konservasi flora ex-situ.
  7. Tigabelas laboratorium yang sudah terakreditasi KAN dari 175 buah laboratorium LIPI yang tersebar di 19 lokasi, di 13 provinsi.
  8. Kapal Penelitian Baruna Jaya VII dan VIII
  9. Dua pusat internasional: International Center for Interdisciplinary and Advances Research (ICIAR) dan Asia Pacific Centers for Ecohydrology (APCE)
  10. Laboratorium Metrologi LIPI telah diases oleh peer reviewer internasional secara berkala, dan terakreditasi berdasarkan standar internasional ISO/IEC 17025 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) sebagai National Metrology Institute sekaligus sebagai Laboratorium Metrologi Acuan Nasional, khususnya untuk satuan ukuran besaran fisika.
  11. LIPI mendapat pengakuan internasional sebanyak 73 lingkup pada kemampuan kalibrasi dan pengukuran (calibration and measurement capabilities, CMC) sehingga menjadi acuan nasional laboratorium kalibrasi yang terakreditasi dalam menunjang kebenaran nilai mutu pengukuran teknik bagi industri manufaktur, industri makanan, industri obat, otoritas cuaca, lembaga kesehatan, dan sebagainya.
  12. Layanan pendaftaran ISSN sudah dilakukan secara online melalui situs “ISSN Online”, baik untuk terbitan berkala tercetak maupun elektronik.
  13. Indonesian Scientific Journal Database berupa pangkalan data yang berisi kumpulan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Perguruan Tinggi maupun Lembaga Penelitian di Indonesia.
  14. LIPI memiliki kompetensi mempelajari dan meneliti ekosistem terestrial, perairan darat dan laut, baik dari sisi keragaman hayati, aspek fisika dan kimia ekosistem maupun sistem interaksi antara biota dengan lingkungan hidupnya.
  15. LIPI memiliki kompetensi kuat dalam penelitian SDA nirhayati, baik sumber daya mineral (logam maupun non-logam) maupun sumber daya energi fosil dan panas bumi, serta isu kebencanaan.
  16. LIPI memiliki kompetensi  dalam pengembangan teknologi untuk menyediakan solusi terhadap berbagai kebutuhan bangsa.
  17. LIPI berperan dalam proses kelahiran berbagai regulasi dan kebijakan pemerintah terkait aspek ekonomi, politik, sosial dan budaya seperti penyusunan Undang-Undang  Ketenagakerjaan, Undang-Undang Pemilu, dan juga dalam melahirkan Rekomendasi Penanganan Konflik di Papua, Aceh dan Maluku.

Ditulis oleh HUMAS LIPI